Keanekaragaman Ordo Chiroptera di gua-gua wilayah Karst Malang Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Nisrina Zahrou (2021) Keanekaragaman Ordo Chiroptera di gua-gua wilayah Karst Malang Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisrina Zahrou Latifah_H01217012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karst memiliki ekosistem unik dengan adanya endokarst dan eksokarst yang membentuk gua-gua dan dihuni berbagai macam hewan, salah satunya adalah kelelawar. Kelelawar berfungsi sebagai kunci penyedia energi ekosistem di dalam gua atau penyeimbang ekosistem gua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman kelelawar dan spesies apa saja yang terdapat di Gua Wilayah Karst Malang Selatan. Penelitian dilakukan di 4 yang terletak di Wilayah Karst Malang Selatan. Pengambilan sampel dilakukan pada tanggal 31 Maret-04 April 2021. Teknik yang digunakan untuk menangkap sampel adalah teknik acak (simple random sampling). Pada penelitian ini didapatkan 10 spesies kelelawar, yaitu Cynopterus brachyotis, Rhinolophus affinis, Rhinolophus arcuatus, Rhinolophus euryotis, Rhinolophus lepidus, Hipposideros larvatus, Hipposideros ater, Miniopterus australis, Miniopterus pusillus dan Miniopterus schreibersii. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui indeks keanekaragaman tertinggi adalah Gua Karsono (0,79), sedangkan untuk indeks kemerataan tertinggi yaitu Gua Karsono dan Gua Bangi (0,34), indeks dominansi tertinggi adalah gua Bangi (0,038). Frekuensi kehadiran tertinggi yaitu Miniopterus pusillus (75%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Nisrina Zahrounisrinlatifah@gmail.comH01217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Kelelawar; Gua Keanekaragaman; Dominansi; Kemerataan; Frekuensi Kehadiran.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nisrina Zahrou Latifah
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:25
Last Modified: 04 Aug 2021 23:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49133

Actions (login required)

View Item View Item