Perancangan kawasan wisata Pantai Kenjeran dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safira, Dina (2021) Perancangan kawasan wisata Pantai Kenjeran dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Safira_H73217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kota Surabaya sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur tidak mempunyai daya tarik wisata yang dijadikan objek sebagai keandalan misalnya Taman Hiburan Pantai Kenjeran serta Kebun Binatang Surabaya ada beberapa sarana yang telah tidak dapat difungsikan sebagaimana yang seharusnya. Perancangan Wisata Pantai Kenjeran ini merupakan salah satu wisata yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan karena termasuk zona rekreasi pada RTRW Kota Surabaya. Oleh karena itu, peracangan kawasan wisata Pantai Kenjeran dengan pendekatan arsitektur biofilik ini diharapkan mampu menjadi soluasi dari permasalahan yang ada. Perancangan ini menggunakan pendekatan arsitektur biofilik dengan implementasikan konsep yang menghubungkan manusia dengan alam, yang bertujuan meningkatkan produktivitas manusia dengan membentuk kondisi lingkungan yang dapat meningkatkan kognitif baik secara fisik maupun psikologis. Prinsip desain arsitektur biofilik yang digunakan nantinya seperti konseksi visual dengan alam dengan menambahkan tanaman pada fasad, koneksi non-visual dengan alam dengan adanya suara alami dari air, veribilitas termal dan aliran udara dengan memiliki bukaan untuk cahaya dan angin, koneksi dengan sistem alami seperti bangunan menggunakan bentukan yang memaksimalkan potensi sekitar, dan hubungan dengan material alami seperti menggunakan material alami kayu dan batu alam. Diharapkan nantinya hasil perancangan kawasan wisata Pantai Kenjeran ini dapat menghasilkan desain yang mampu menghubungkan manusia dengan alam dan dapat mengatasi masalah yang ada dengan rancangan dan pendekatan arsitektur biofilik yang sudah digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safira, Dinasafiradina9@gmail.comH73217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyamayundya@gmail.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Peracangan; Pantai Kenjeran Surabaya; Pendekatan Biofilik.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dina Safira
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:20
Last Modified: 04 Aug 2021 14:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49138

Actions (login required)

View Item View Item