Perancangan pondok pesantren Nurul Hidayah Lamongan dengan Pendekatan Ahlusunnah Wal Jama'ah (ASWAJA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulluthfi, Abdulloh Kamaluddin (2021) Perancangan pondok pesantren Nurul Hidayah Lamongan dengan Pendekatan Ahlusunnah Wal Jama'ah (ASWAJA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdulloh Kamaluddin Dzulluthfi_H03217001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan agama islam yang tumbuh serta di akui masyarakat sekitar, dengan sistem asrama (kompleks) dimana santri-santri menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan dari leadership seorang atau beberapa orang kyai dengan ciri khas yang bersifat kharismatik serta independen dalam segala hal. Banyaknya penyalahgunaan fungsi atau fasilitas, bangunan terkesan monoton, penataan ruang yang buruk, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Solusinya adalah melakukan perancangan ulang. Pendekatan yang di ambil untuk di jadikan solusi permasalahan-permasalahan dalam pesantren ini adalah pendekatan Ahlusunnah Wal Jama’ah (ASWAJA), pendekatan ini merupakan sebuah ideologi terbesar umat islam dan sangat sesuai jika diterapkan dalam sebuah rancangan arsitektur pondok pesantren. Dari pendekatan ini diharapkan mampu membuat desain yang sederhana, menyatu dengan alam, dekat dengan masyarakat serta menjadi solusi dari berbagai macam permasalahan santri maupun penghuni yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulluthfi, Abdulloh Kamaluddinkamaluddin2399@gmail.comH03217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorRohman, Fathurfathur1173@gmail.com2030117301
Subjects: Arsitektur
Ahlusunnah Waljama'ah
Pesantren
Keywords: Pondok Pesantren; Ahlusunnah Wal Jama’ah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dzul Luthfi Abdulloh
Date Deposited: 04 Aug 2021 12:59
Last Modified: 04 Aug 2021 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49156

Actions (login required)

View Item View Item