Perancangan Ekowisata Mangrove di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Muhammad (2021) Perancangan Ekowisata Mangrove di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ramadhan - H73217038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu wilayah yang ada dalam kawasan strategis pengembangan pariwisata khususnya kabupaten Penajam terus meningkatkan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Khusus wisatawan mancanegara, terjadi peningkatan kunjungan sebanyak 12,20 persen pada 2019 dibandingkan tahun sebelumnya.Dalam data yang diperoleh pemerintah daerah kabupaten Penajam memanfaatkan area sungai yang disebutkan berdasarkan pasal 11 BAB VI UU RI No 10 Tahun 2009 tentang Pembangunan Pariwisata dan Paragraf3 Pembangunan Sarana Wisata Alam Pasal 9 dalam Peraturan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.8 Tahun 2019 tentang Pengusahaan Pariwisata Alam.Mentawir merupakan salah satu wilayah kelurahan di provinsi kalimantan timur yang memiliki potensi pengembangan pariwisata karena memiliki sumber daya alam hutan mangrove seluas 500 hektar. Mangrove yang termasuk komunitas vegetasi pantai tropis yang hidup di dalam kawasan yang lembab dan berlumpur serta dipengaruhi oleh pasang surut air laut juga dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik wisatawan dan untuk memajukan konservasi lingkungan.Perancangan kawasan Ekowisata Mangrove di Penajam merupakan suatu usaha dalam memberikan opsi jawaban terhadap pemerintah daerah Penajam dalam bidang pariwisata dan dikemas dengan sebuah konsep perancangan pada dasarnya memperhatikan alam sekitar serta menjaga keharmonisan antar makhluk hidup yang berlandaskan Al-Quran akan diwujudkan dalam sebuah desain arsitektur, sehingga penerapan dalam pendekata menggunakan ekologi arsitektur. Dengan konsep tersebut dapat menjawab isu pada pengembangan kawasan pariwisata serta tetap memperhatikan antara keharmonisan alam khususnya area hutan mangrove pada kawasan Mentawir serta dapat menjadi sebuah rekreasi dan edukasi bagi para pengunjung mengenai potensi alam yaitu hutan Mangrove.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Muhammadrmadhan845@gmail.comH73217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Ekowisata; Pariwisata Mangrove; Mangrove; Ekologi Arsitektur.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Muhammad Ramadhan
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:10
Last Modified: 04 Aug 2021 23:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49159

Actions (login required)

View Item View Item