Hubungan kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan kecemasan pada pekerja dalam menghadapi pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hijriyati, Naena (2021) Hubungan kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan kecemasan pada pekerja dalam menghadapi pandemi covid-19. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naena Hijriyati_J01216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adanya pandemi yang sedang terjadi di Indonesia memberikan banyak dampak bagi masyarakat, khususnya pada pekerja. Tidak hanya menyerang perekonomian, dan kesehatan fisik, namun juga menyerang kesehatan mental, salah satunya yaitu kecemasan. Pada masa pandemi saat ini, dibutuhkan kemampuan dalam mengelola emosi serta banyaknya dukungan sosial untuk menurukan tingkat kecemasan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan kecemasan. Partisipan dalam penelitian ini adalah pekerja yang tetap bekerja diluar rumah saat pandemi di Surabaya dengan jumlah 75 pasrtisipan. Data dikumpulkan menggunakan skala kecemasan, skala kecerdasan emosi, dan skala dukungan sosial. Pada penelitian ini, teknik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan kecemasan, hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki semakin rendah kecemasan yang dirasakan. Hasil kedua, adanya hubungan negatif antara dukungan sosial dengan kecemasan, sehingga apabila tingkat dukungan sosial yang dimiliki tinggi, maka tingkat kecerdasan emosi yang dimiliki rendah. Hasil ketiga, yaitu adanya hubungan negatif antara kecerdasan emosi dan dukungan sosial dengan kecemasan, dengan demikian maka semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi dan dukungan sosial yang dimiliki maka semakin rendah kecemasan yang dirasakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hijriyati, Naenanaenahijriyati06@gmail.comJ01216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatikmukhoyyarohtatik@gmail.com2011057603
Subjects: Tenaga Kerja
Keywords: Kecemasan; Kecerdasan Emosi; Dukungan Sosial.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Naena Hijriyati
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:14
Last Modified: 04 Aug 2021 23:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49161

Actions (login required)

View Item View Item