Potensi antifungi ekstrak daun dan buah maja (Crescentia cujete L.) serta kombinasinya terhadap pertumbuhan Aspergillus niger

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusnah, Nur Aini Miftaful (2021) Potensi antifungi ekstrak daun dan buah maja (Crescentia cujete L.) serta kombinasinya terhadap pertumbuhan Aspergillus niger. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Miftaful Khusnah_H71217036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aspergillus niger merupakan salah satu kapang yang sering mengontaminasi pada komoditas pertanian dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti padi, jagung dan gandum. adanya kontaminasi fungi ini menyebabkan pembusukan pada tanaman. Kontaminasi ini bisa diantisipasi dengan menggunakan pestisida alami dari senyawa metabolit sekunder tanaman yang berpotensi menghambat pertumbuhan Aspergillus niger. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam ekstrak daun dan buah maja dan untuk mengetahui konsentrasi optimal daya hambat ekstrak daun dan buah maja sebagai antifungi terhadap pertumbuhan Aspergillus niger. Terdapat 14 kelompok perlakuan yang terdiri dari berbagai konsentrasi ekstrak daun, buah serta kombinasi keduanya. Hasil uji fitokimia diperoleh ektrak daun dan buah maja mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin dan fenol. Hasil uji daya hambat dengan difusi cakram diperoleh konsentrasi optimal terjadi pada buah dengan konsentrasi 50% diameter zona hambat yang terbentuk diameter rata-ratanya sebesar 4,7 mm.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusnah, Nur Aini Miftafulnur82241@gmail.comH71217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Subjects: Biologi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Ekstrak daun dan buah maja; Kontaminasi; Aspergillus niger; senyawa antifungi dan difusi cakram.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nur Aini Miftaful Khusnah
Date Deposited: 09 Aug 2021 21:01
Last Modified: 09 Aug 2021 21:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49162

Actions (login required)

View Item View Item