Perancangan Sentra UKM di Kabupaten Gresik dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Fatimah (2021) Perancangan Sentra UKM di Kabupaten Gresik dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Anggraini_H03217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Gresik sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur yang merupakan bagian dari wilayah penyangga Kota Surabaya, dan termasuk kedalam kawasan Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan). Perekonomian masyarakat Gresik banyak ditopang dari sektor industri. Kabupaten Gresik memiliki produk - produk unggulan yang khas, dari bidang kerajinan serta bidang kuliner. Produk - produk unggulan yang khas, diantaranya seperti songkok, produk olahan ikan bandeng, sarung tenun, dan kerajinan damar kurung. Untuk dapat meningkatkan keterampilan dan kreatifitas UKM, maka diperlukan suatu wadah sebagai sarana pengembangan pemasaran, pelatihan, pembinaan, dan sistem informasi terpadu bagi UKM yang dari beberapa daerah yang terpencar menjadi sentral serta sebagai pemenuhan kebutuhan pakai dan oleh-oleh bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat luas. Sentra UKM merupakan sebuah gagasan dalam merancang area sentral bagi para UKM kabupaten Gresik sebagai wadah untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas. Perancangan Sentra UKM di Kabupaten Gresik memiliki fungsi sebagai wadah pengembangan pemasaran, pelatihan, pembinaan, serta sistem informasi terpadu. Perancangan Sentra UKM di Kabupaten Gresik dengan pendekatan Neo Vernakular ini dirancang dalam rangka mewujudkan rancangan bangunan yang dapat meningkatkan daya saing dan representatif sebagai bangunan untuk memasarkan produk lokal Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Fatimahanggrainifemmy@gmail.comH03217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi ElokOktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Sentra UKM; Kabupaten Gresik; Arsitektur Neo-Vernakular.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Fatimah Anggraini
Date Deposited: 06 Aug 2021 23:48
Last Modified: 06 Aug 2021 23:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49163

Actions (login required)

View Item View Item