Analisis diskursus kritik Ayik Heriansyah terhadap propaganda Khilafah Hizbut Tahrir Indonesia pasca pembubaran perspektif Norman Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafrukhah, Siti (2021) Analisis diskursus kritik Ayik Heriansyah terhadap propaganda Khilafah Hizbut Tahrir Indonesia pasca pembubaran perspektif Norman Fairclough. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mafrukhah_E21216100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana analisis diskursus kritik Ayik Heriansyah terhadap propaganda HTI. Diskursus/wacana Ayik salah satunya berbentuk artikel terhimpun dan diterbitkan melalui situs web online. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode teks media. Data diperoleh dari riset dokumen dan interview, kemudian dianalisis menggunakan AWK perspektif Norman Fairclough. Dalam model Norman Fairclough, terdapat tiga dimensi dan empat langkah AWK. Ketiga dimensi Fairclough, berbeda dengan empat langkah AWK, namun bisa jadi berhubungan. Tiga dimensi itu meliputi: analysis text, discourse practice, dan sosiocultural practice. Sedangkan empat langkah metodologi AWK itu meliputi: (1) Memfokuskan pada “ketidakberesan sosial” dalam aspek semiotiknya. (2) Mengidentifikasi hambatan-hambatan untuk menangani “ketidakberesan sosial” itu. (3) Mengidentifikasi siapa yang diuntungkan sehingga menghendaki ketidakberesan sosial itu. (4) Mengidentifikasi cara-cara yang memungkinkan untuk mengatasi hambatan-hambatan. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa propaganda HTI berjalan secara underground organization. Sedangkan hasil analisis diskursus/wacana atas kritik Ayik, dapat diketahui bahwa dibalik wacana terdapat instrumen, dominasi kekuasaan, dan dibalik wacana terdapat ideologi. Dengan AWK, diskursus sebagai lingkup mikro memiliki hubungan erat dengan struktur sosial sebagai lingkup makro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafrukhah, Sitimafrukhahs@gmail.comE21216100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Ideologi Politik
Media Massa
Linguistik
Keywords: Ayik Heriansyah; Hizbut Tahrir; Propaganda; Analisis Wacana Kritis; Norman Fairclough.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Siti Mafrukhah
Date Deposited: 05 Aug 2021 01:27
Last Modified: 05 Aug 2021 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49164

Actions (login required)

View Item View Item