Analisis Yuridis perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban kekerasan dalam Rumah Tangga: studi kasus di unit perlindungan perempuan dan Anak Polrestabes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharim, Dina Usrotul Izza Isni (2021) Analisis Yuridis perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban kekerasan dalam Rumah Tangga: studi kasus di unit perlindungan perempuan dan Anak Polrestabes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Dina Usrotul Izza Isni Kharim_C93217038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian studi lapangan yang memiliki tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perlindungan hukum bagi anak-anak sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga dan kemudian dianalisis menggunakan undang-undang yang berlaku. Hasil penelitian berupa data yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak-pihak yang terkait yaitu pihak kepolisan dan juga penyidik dari PPA Polrestabes Surabaya. Serta didukung dengan menggunakan metode kepustakaan untuk menganalisis teori yang sesuai. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan pendekatan penelitian empiris dengan metode deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Bentuk perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan dalam rumah tangga di PPA Polrestabes Surabaya bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kementerian Sosial (Kemensos), dan psikolog. Terdapat beberapa tahap dalam upaya perlindungan oleh pihak penyidik dalam mengungkap tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga pada anak di kota Surabaya yang terdiri dari tahap 1 hingga tahap 4. Bentuk Perlindungan hukum pidana terhadap anak sebagai korban kekerasan oleh orang tua terdiri dari perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif yang diatur dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang mana dalam Undang-Undang tersebut memuat tanggung jawab orang tua terhadap anak. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan disarankan; Pertama, upaya penanggulangan kekerasan terhadap anak oleh orang tua dapat dilakukan pertama kali dalam lingkup rumah tangga antara lain memperkuat landasan keimanan dalam keluarga dan membangun paradigma harmonis antara orang tua dengan anak. Kedua, untuk memberikan perlindungan terhadap anak korban kekerasan oleh orang tua maka perlu meningkatkan kerjasama antara Pemerintah dan Kepolisian, lembaga-lembaga bantuan hukum serta organisasi yang ada dalam masyarakat dalam rangka meningkatkan pendidikan dan pengetahuan tentang hukum melalui bimbingan atau penyuluhan penyuluhan terhadap masyarakat dengan penyampaian secara visual dan bahasa yang mudah dimengerti serta meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan serta masyarakat khususnya para orang tua tidak menganggap kejahatan kekerasan terhadap anak sebagai persoalan pribadi antara intern keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharim, Dina Usrotul Izza Isnidinaizzakharr@gmail.comC93217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuri, Syamsurisyamhass@gmail.com2029107201
Subjects: Anak
Hukum > Hukum Pidana Islam
Kekerasan
Keywords: KDRT; Kekerasan dalam rumah tangga; perlindungan Anak; Anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Dina Usrotul Izza Isni Kharim
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:26
Last Modified: 04 Aug 2021 14:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49166

Actions (login required)

View Item View Item