Perancangan kawasan Superblok di Kota Surabaya dengan Pendekatan Green Architecture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Brahmantya, Hafid Achmady (2021) Perancangan kawasan Superblok di Kota Surabaya dengan Pendekatan Green Architecture. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafid Achmady Brahmantya_H03217005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota besar yang padat penduduk dan banyaknya lapangan pekerjaan yang terdapat di Kota ini menyebabkan arus urbanisasi juga meningkat. Dengan adanya kepadatan penduduk maka jalanan dan hunian yang akan ditempati juga akan smeakin sedikit, maka dari itu perancangan superblok ini diadakan guna menunjang housing bagi para masyarakat yang tinggal di kota Surabaya. Superblok adalah suatu Kawasan yang terdiri dari berbagai fungsi yang dapat mengakomodir penggunanya dalam berbagai kegiatan menggunakan berbagai fasilitas yang ada dalam satu Kawasan yang terintegrasi. Dengan menggunakan pendekatan Green Architecture pengguna dalam superblock ini dapat merasakan berbagai manfaat seperti kenyamanan thermal, hematnya energi yang digunakan, serta yang paling penting kualitas udara yang baik karena terdapat banyak taman dan tumbuh tumbuhan yang berfungsi sebagai peneduh dan menghasilkan oksigen sehingga sirkulasi dalam superblock dapat terasa sejuk. Dengan berbagai simulasi yang dilakukan dan data iklim yang ada dapat menghasilkan opsi akan orientasi dan fasade bangunan guna memaksimalkan penghawaan dan meminimalisir penggunaan energi yang dibutuhkan untuk suatu bangunan pada Kawasan superblok

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Brahmantya, Hafid Achmadytyo.hafid@gmail.comH03217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotul A'yunqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnul Priantokusnul_prianto@uinsby.ac.id,2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Superblok; Perancangan Kawasan; Arsitektur Hijau; Kota.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Hafid Achmady Brahmantya
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:51
Last Modified: 04 Aug 2021 14:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49178

Actions (login required)

View Item View Item