Perancangan Kampung Vertikal di Kampung Dupak Magersari dengan Pendekatan Arsitektur Adaptif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Jarot Andi (2021) Perancangan Kampung Vertikal di Kampung Dupak Magersari dengan Pendekatan Arsitektur Adaptif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jarot Andi Saputra_H73217059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan Kampung Dupak Magersari Kota Surabaya berada dikawasan
strategis berdekatan dengan pusat perbelanjaan grosir Kota Surabaya dan juga berdekatan dengan fasilitas transportasi stasiun pasar turi. Kondisi eksisting kampung Dupak Magersari sangat memperihatinkan dengan sempadan kereta api yang mepet dengan bangunan masyarakat sehingga membahayakan keselamatan warga sekitar. Oleh karena itu diperlukan sebuah gagasan untuk meningkatkan kualitas kawasan kampung tersebut. Relokasi adalah suatu upaya untuk mengatasi permasalahan kampung tersebut. Upaya relokasi secara vertikal merupakan upaya untuk mempertahankan kondisi eksisting kampung dan dapat memberikan ruang terbuka yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Proses relokasi dilakukan dengan mempertahankan kondisi eksiting yang diluar area sempadan rel kereta api. Area eksisting diluar sempadan kereta api digunakan sebagai area yang di relokasi secara vertikal pada bangunan yang melanggar sempadan Kawasan kampung vertikal terintegrasi dengan ruang ekonomi yang ada pada eksisting kampung dan terintegrasi dengan kawasan ekonomi dan transportasi dengan sekitar tapak. Hal ini bertujuan agar kawasan kampung dapat berinteraksi dengan lingkungan potensial sekitar. Pendekatan desain yang diusung adalah pendekatan Arsitektur Adaptif. Hal ini dipilih karena pendekatan Arsitektur Adaptif cenderung bisa merespon kebutuhan kawasan kampung yang begitu komplek dan dinamis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Jarot Andijarotandi55@gmail.comH73217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Pembangunan
Keywords: kampung Dupak Magersari; sempadan kereta api; relokasi; kampung vertikal; pendekatan arsitektur adaptif.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Jarot Andi Saputra
Date Deposited: 04 Aug 2021 15:00
Last Modified: 04 Aug 2021 15:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49185

Actions (login required)

View Item View Item