Efektivitas Serbuk Kulit Pisang Kepok dan Kulit Singkong Untuk Menurunkan Kekeruhan dan Total Coliform Pada Air Sumur Gali "X"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imamah, Zulfatul (2021) Efektivitas Serbuk Kulit Pisang Kepok dan Kulit Singkong Untuk Menurunkan Kekeruhan dan Total Coliform Pada Air Sumur Gali "X". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfatul Imamah_H71217043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Air merupakan material yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya sumber air yang digunakan masyarakat banyak yang masih keruh dan tercemar bakteri Coliform. Alternatif yang dapat dilakukan untuk menurunkan kekeruhan dan cemaran Coliforma yaitu dengan menggunakan media alami serbuk kulit pisang kepok dan kulit singkong. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh serbuk kulit pisang kepok dan singkong untuk menurunkan kekeruhan dan total Coliform pada air sumur gali “X’. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental laboratorium dengan sampel air sumur sebelum dan sesudah diberikan serbuk kulit pisang kepok dan kulit singkong dengan konsentrasi 5%,10% dan 15%. Metode yang digunakan dalam uji kekeruhan adalah pengukuran kekeruhan dengan alat turbidimeter dengan skala NTU. Metode yang digunakan dalam uji total Coliform adalah metode MPN. Data yang diperoleh dari hasil uji kekeruhan di uji secara statistic dengan uji Kruskal Wallis kemudian dilanjutkan dengan uji Man-Whitney. Data yang diperoleh dari uji total Coliform kemudian di uji secara deskriptif. Pada uji Kruskal Wallis P< 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian serbuk kulit pisang kepok dan kulit singkong. Hasil dari uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa P<0,05 pada setiap perlakuan yang menunjukkan terdapat perbedaan antar perlakuan. Hasil paling efektif pada uji kekeruhan dengan menggunakan serbuk kulit pisang kepok yaitu pada (konsentrasi 15%) dengan rata-rata 1.35 NTU dan serbuk kulit singkong (konsentrasi 15%) dengan rata-rata 0.69 NTU. Pada uji total Coliform dengan menggunakan serbuk kulit pisang kepok hasil paling efektif yaitu pada (konsentrasi 5%) didapatkan rata-rata MPN 4.1/100ml sedangkan pada penggunaan serbuk kulit singkong menunjukkan rata-rata MPN 0/100ml pada setiap perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imamah, Zulfatulzulfatulim1309@gmail.comH71217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id8927000020
Subjects: Biologi
Keywords: Air; Kekeruhan; Total Coliform; Kulit pisang; Kulit singkong.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Zulfatul Imamah Ma'ruf
Date Deposited: 06 Aug 2021 11:45
Last Modified: 06 Aug 2021 11:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49194

Actions (login required)

View Item View Item