Implementasi kebijakan penyaluran dan pemanfaatan Bantuan Langsung Tunai dana Desa pada Korban Covid 19 Di Desa Bulumargi Perspektif Maslahah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayuningsih, Eka (2021) Implementasi kebijakan penyaluran dan pemanfaatan Bantuan Langsung Tunai dana Desa pada Korban Covid 19 Di Desa Bulumargi Perspektif Maslahah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Rahayuningsih_F52419115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengambilan data dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara kepada kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Koordinator Bantuan Sosial Tunai, Perangkat dan Masyarakat Desa Bulumargi untuk menggali tentang Bantuan Langsung Tunai Dana di Desa Bulumargi dan bagaimana dalam perspektif Maslahah, selanjutnya dianalisis deskriptif analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa mekanisme penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Bulumargi dari pemerintah pusat, yaitu: Tim pembina, Tim pengendali, Tim pelaksana. Indikator implementasi kebijakan meliputi isi kebijakan, lingkungan kebijakan, komunikasi, sikap pelaksana, struktur birokrasi, dan sumber daya. Terdapat kandungan Maslahah al-‘Ammah dan Maslahah al-Khassah. Terdapat konsep penjagaan Hifz min nahiyah al-wujud (Penjagaan dengan cara ada) dan Hifz min nahiyah al-adam (Penjagaan dengan cara tidak ada). Peneliti memberikan saran-saran, diantaranya: sebagai tim pembina harus memberikan jaminan kepada tim pengendali dan tim pelaksana, sehingga pendistribusian dapat disalurkan dengan baik dan tepat sasaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengupas lebih lanjut tentang implementasi kebijakan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam perspektif Maslahah, karena keterbatasan penulis dalam menggali informasi tentang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam perspektif Maslahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayuningsih, Ekarahayuningsiheka96@gmail.comF52419115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com196212141993031002
Thesis advisorFauzia, Ika Yuniaika.yunia@perbanas.ac.idDLPS13
Subjects: Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Kebijakan Publik
Keywords: Implementasi Kebijakan; Bantuan Langsung Tunai Dan Desa; Maslahah.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: eka rahayuningsih
Date Deposited: 08 Aug 2021 23:27
Last Modified: 08 Aug 2021 23:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49205

Actions (login required)

View Item View Item