Islam progresif dan Islam konservatif kader Muda Muhammadiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gustam, Risky Ilham Binatra (2021) Islam progresif dan Islam konservatif kader Muda Muhammadiyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL.

[img] Text
Risky Ilham Binatra Gustam_E02217035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi masyarakat Islam terbesar yang ada di Indonesia yang sudah berjalan lebih dari satu abad. Sebuah organisasi dengan satu ideologi namun di dalamnya terdapat beberapa pemikiran yang berbeda terutama terkait respon mereka terhadap isu-isu keagamaan kontemporer. Dalam perkembangannya Muhammadiyah terbagi kepada dua tipologi pemikiran keislaman yakni Islam progresif dan Islam konservatif. Perbedaan pemikiran itu juga terjadi pada kader muda Muhammadiyah Surabaya dan dalam impelementasi pemikiran nya kelompok Islam progresif lebih mendukung pemikiranpemikiran baru yang datang asal kan tidak memberi pengaruh pada perubahan aspek fundamental agama. Sedangkan kelompok Islam konservatif cenderung menolak pemikiran baru karena dinilai tidak sesuai dan dapat merusak Muhammadiyah dan aqidah Islam. Dalam penulisan skripsi ini tidak hanya membahas terkait pemikiran Islam progresif dan Islam konservatif yang ada di kader muda Muhammadiyah Surabaya tapi juga membahas factor yang melatar belakangi mengapa mereka bisa memiliki corak pemikiran yang berbeda, kemudian juga membahas bagaimana dampak yang dihasilkan terkait adanya kelompok Islam progresif dan Islam konservatif bagi Muhammadiyah Surabaya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gustam, Risky Ilham Binatrariskiilham79@gmail.comE02217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Subjects: Ideologi Islam
Keywords: Muhammadiyah; Islam Progresif; Islam Konservatif.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Risky Ilham Binatra Gustam
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:58
Last Modified: 05 Aug 2021 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49214

Actions (login required)

View Item View Item