Perencanaan tempat pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Rungkut Kidul Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Dani (2021) Perencanaan tempat pengolahan sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Rungkut Kidul Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dani Setyawan_H05216008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fasilitas pengolahan sampah yang dapat mereduksi jumlah timbulan sampah diperlukan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkurangnya lahan pemrosesan akhir sampah yang biasa disebut TPA. Dalam upaya pengurangan jumlah timbulan sampah yang ada di tepat pembuangan sementara perlu adanya perencanaan bentukbaru yaitu TPS 3R yang mempunyai konsep utama yaitu mengurangi jumlah dan memperbaiki karakteristik sampah yang akan diolah di TPA. Di Kecamatan Rungkut telah terdapat 9 TPS namun dari semua yang ada belum ada yang menerapkan sistem 3R.TPS Rungkut Kidul adalah salah satu dari ke 9 TPS yang ada di Kecamatan Rungkut ini. Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah 3R menjadi salah satu cara dalam mengurangi total timbulan sampah di Kecamatan Rungkut yang dibuang ke TPA Benowo.Dalam perencanaan ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa jumlah timbulan sampah, kondisi eksistingdan merencanakanTPS3R diRungkut Kidul, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.Teknik pengumpulan data dalam perencanaan ini adalah dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari beberapa penelitian sebelumnya karena pada saat pengambilan data masih dalam keadaan pandemi.Data yang diambil meliputi jumlah penduduk, jumlah timbulan sampah, densitas sampah, dan komposisi sampah, serta data profil. Hasil analisis data yang diambil dari penelitian sebelumnya dan dihitung dengan proyeksi jumlah penduduk serta proyeksi jumlah timbulan sampah maka didapatkan jumlah penduduk dalam area pelayanan ini sebesar 14200 orang pada tahun 2020, dan mengalami peningkatan sebesar 15386 orang pada tahun 2029. Untuk data timbulan sampah rata rata yang ada pada TPS rungkut Kidul ini sebesar 0,455 kg/org/hari, untuk volume sampah yang ada sebesar 40,5 m3, Dari hasil perhitungan, perencanaan TPS 3R Rungkut Kidul membutuhkan lahan sebesar 493,5 m2.Maka dalam perencanaan ini masyarakat harus turut serta memiliki rasa memiliki agar nantinya TPS 3R ini dapat beroperasi dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, Danidani.setyawan1731@gmail.comH05216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id198205012014032001
Thesis advisorOktorina, Saritasaritaoktorina@gmail.com198710052014032003
Subjects: Kebersihan
Daur Ulang
Lingkungan Hidup
Keywords: Perencaan TPS 3R; Pengolahan sampah; Sampah perkotaan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Dani Setyawan
Date Deposited: 06 Aug 2021 23:43
Last Modified: 06 Aug 2021 23:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49217

Actions (login required)

View Item View Item