Implementasi protokol kesehatan pada pembelajaran matematika di era pandemi covid-19 ditinjau dari sisi ergonomi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulitasari, Tiara (2021) Implementasi protokol kesehatan pada pembelajaran matematika di era pandemi covid-19 ditinjau dari sisi ergonomi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Yulitasari_D74214046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Protokol kesehatan adalah aturan dan ketentuan yang perlu diikuti oleh seluruh pihak agar dapat beraktivitas secara aman dan tidak membahayakan bagi kesehatan orang lain pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan ergonomi adalah ilmu atau seni untuk menyesuaikan tugas kerja dengan batasan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi protokol kesehatan pada pembelajaran matematika di era pandemi Covid-19 ditinjau dari sisi ergonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil dari pihak sekolah yang terkait dengan kegiatan atau pelaksanaan implementasi protokol kesehatan pada pembelajaran matematika yang memperhatikan unsur ergonomi, diantaranya adalah kepala sekolah, guru matematika, dan siswa SMP PGRI 1 Buduran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator penyesuaian protokol kesehatan yang memperhatikan unsur ergonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi protokol kesehatan pada pembelajaran matematika di era pandemi Covid-19 ditinjau dari sisi ergonomi di SMP PGRI 1 Buduran dinilai baik dengan mencapai semua indikator yang telah ditentukan, yaitu adanya ketersediaan alat kebersihan dan sarana sanitasi, adanya ketersediaan layanan dan fasilitas sekolah, perilaku wajib yang dilakukan dengan baik, kondisi kelas yang memenuhi standar protokol kesehatan di sekolah, dan proses pembelajaran yang inovatif, dan hanya ada satu dari aspek indikator yang tidak dapat dipenuhi yaitu ada beberapa siswa yang tidak antusias mengikuti pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulitasari, Tiaratiarayulitasari@gmail.comD74214046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Pendidikan
Keywords: Protokol Kesehatam; Ergonomi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: TIARA YULITASARI
Date Deposited: 06 Aug 2021 00:09
Last Modified: 06 Aug 2021 00:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49218

Actions (login required)

View Item View Item