Perancangan ekowisata di lahan bekas tambang kapur dengan pendekatan arsitektur hijau di Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noasmi, Damiola Daradjat (2021) Perancangan ekowisata di lahan bekas tambang kapur dengan pendekatan arsitektur hijau di Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Damiola Daradjat Noasmi_H73216032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sektor tambang merupakan salah satu sektor yang sangat diandalkan dalam menumbuhkan ekonomi suatu negara tidak terkecuali Indonesia. Kapur, pasir, batu bara, bahkan emas sudah tidak asing lagi melintas di pendengaran kita. Pengupasan tanah, pembongkaran dan penggalian tanah untuk pencarian bahan galian, yang kemudian untuk diolah dan dipasarkan adalah sebagian rentetan kegiatan pertambangan. Namun beberapa pihak melupakan tahapan terakhir yang tidak kalah penting yaitu reklamasi. Area atau lahan bekas pertambangan tidak bisa kembali dengan sendirinya. Reklamasi sangat diperlukan. Karena jika tidak, kerusakan lingkungan tidak bisa dihindari. Salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai bagian dari reklamasi adalah dengan merancang ekowisata. Dirancang dengan pendekatan arsitektur hijau, ekowisata yang dihasilkan akan benar-benar memperhatikan berbagai sektor yang memperhatikan alam. Dengan begini, diharapkan kedepannya nanti lahan bekas tambang yang dirancang dapat menjadi ekowisata dan contoh mengelola segala aspek kehidupan di sekitar, baik alam atau pun penghuninya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noasmi, Damiola Daradjatdamioladaradjatn@gmail.comH73216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmai.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Keywords: Lahan bekas tambang; Reklamasi; Ekowisata.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Damiola Daradjat Noasmi
Date Deposited: 04 Aug 2021 13:51
Last Modified: 04 Aug 2021 13:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49228

Actions (login required)

View Item View Item