Perancangan pasar wisata dengan pendekatan Hybrid Architecture di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardhiyah, Siti Sila (2021) Perancangan pasar wisata dengan pendekatan Hybrid Architecture di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sila Mardhiyah_H03216021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbagai macam sentra ekonomi berkembang pesat di Kabupaten Sidoarjo. Bahkan Sidoarjo diberi julukan Kota UMKM Indonesia. Semenjak terjadinya bencana lumpur Lapindo sektor ekonomi di Sidoarjo mengalami penurunan pesat, sehingga pemerintah Sidoarjo berupaya meningkatkan sektor ekonomi di bidang UMKM di Sidoarjo. Adanya isu tersebut Sidoarjo memiliki potensi besar untuk mengembangkan sentra UMKM. Maka dari itu penulis mendesain sebuah Pasar Wisata untuk dijadikan sebuah wadah atau sarana untuk mengembangkan sentra UMKM. Perancangan Pasar Wisata merupakan perancangan pasar berbasis fasilitas wisata di dalamnya. Tidak hanya aktivitas jual beli melainkan juga aktivitas berekreasi di pasar wisata. Melalui pendekatan Hybrid Architecture yang digunakan dalam desain Pasar Wisata di Sidoarjo, dengan tujuan merancang sebuah pasar wisata agar dapat menunjang perkembangan sentra UMKM sebagai wisata belanja di Sidoarjo. Hybrid Architecture merupakan menggabungkan dua unsur yang berbeda dengan menggunakan teknik eklektik atau quotation, kemudian dimanipulasi, dan kemudian melakukan penggabungan. Hybrid Architecture pula bisa disebut dengan mengambil unsur tradisional atau unsur terdahulu yang diangkat kembali pada masa sekarang. Kemudian, empat prinsip Hybrid diambil untuk mendesain Pasar Wisata, yakni Function Integration, Flexibility, Vertical Connections, Integrated Public Gathering Space. Pemilihan lokasi yang strategis juga di pilih untuk menarik minat masyarakat baik masyarakat lokal maupun luar dan mempermudah pengunjung untuk mengakses pasar wisata. Konsep pendekatan Hybrid Architecture menerapkan desain yang berprinsip dengan penggabungan dua fungsi yang berbeda yang menjadi sebuah kesatuan. Mengambil perbendaharaan pada unsur pasar seperti bentuk, konsep transaksi, penggabungan aktivitas jual beli dan berekreasi. Oleh karena itu, dalam perancangan dengan menggunakan pendekatan hybrid architecture dianggap lebih sesuai untuk diterapkan ke dalam pasar wisata dalam wujud rancangan tapak, bangunan, dan ruang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardhiyah, Siti Silasilamardhiyah86@gmail.comH03216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pasar Wisata; Hybrid Architecture; Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Siti Sila Mardhiyah
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:10
Last Modified: 05 Aug 2021 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49232

Actions (login required)

View Item View Item