Perancangan Pondok Pesantren dengan Pendekatan Arsitektur Organik di Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fairus, Zoulfas Zafira (2021) Perancangan Pondok Pesantren dengan Pendekatan Arsitektur Organik di Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zoulfas Zafira Fairus_H03216026.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pondok Pesantren memiliki peranan yang penting dalam kemajuan pendidikan islam di Indonesia. Banyak sekali berdiri pondok pesantren di berbagai daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Lamongan. Akan tetapi masih sering dijumpai permasalahan yang terjadi di pondok pesantren seperti fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai, kumuh, bangunan yang masif, dan masih banyak lagi. Menanggapi isu tersebut, diperlukan sebuah desain perancangan yang dapat mengakomodasi kebutuhan bagi setiap penghuni dan pengguna di pondok pesantren. Solusi yang relevan bagi permasalahan tersebut yakni dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Organik sebagai sarana mengembangkan pendidikan umum dan agama dengan perancangan berbasis alam yang mana menghadirkan alam dalam bangunan baik secara langsung maupun tidak langsung. Penerapan konsep “Improving life with nature” pada pondok pesantren disesuaikan dengan kondisi dan potensi site, serta kebutuhan pengguna yang diimplementasikan dalam perancangan dengan harapan tidak hanya meningkatkan kualitas hidup bagi penggunanya saja tetapi juga dapat memberikan manfaat kembali bagi lingkungan alam sekitar. Sehingga penghuni, bangunan, dan lingkungan menjadi kesatuan yang selaras.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fairus, Zoulfas ZafiraZoulfas.zafirafairus@gmail.comH03216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@uinsby.ac.id2004108501
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pondok Pesantren; Arsitektur Organik; Improving Life with Nature.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Zoulfas Zafira Fairus
Date Deposited: 11 Aug 2021 11:45
Last Modified: 11 Aug 2021 11:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49236

Actions (login required)

View Item View Item