Problematika keberagamaan siswa SMK: studi kasus siswa SMK Negeri 12 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Balqis, Nurul Jihan Laili (2021) Problematika keberagamaan siswa SMK: studi kasus siswa SMK Negeri 12 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Jihan Laili Balqis_D01217025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulis mengkaji bagaimana keberagamaan siswa yang terjadi di SMK khususnya SMKN 12 Surabaya. Bagaimana keberagamaan siswa SMK, apa saja problematika yang terjadi pada siswa SMK, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk menangani problematika yang terjadi. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sikap dan perilaku keberagamaan siswa SMKN 12 Surabaya. 2) Apa saja problematika keberagamaan siswa di SMKN 12 Surabaya. 3) Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika keberagamaan siswa di SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan sikap dan perilaku keberagamaan siswa SMKN 12 Surabaya. 2) Mendeskripsikan apa saja problematika keberagamaan siswa di SMKN 12 Surabaya. 3) Mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika keberagamaan siswa di SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu berupa pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Siswa SMK pengetahuan terkait keagamaan ada yang dikategorikan cukup ada yang kurang. 2) Problematika yang terjadi tentang keberagamaan siswa adalah sering melalaikan kewajiban ibadahnya. 3) Upaya yang dilakukan adalah membentuk lingkungan keberagamaan yang lebih positif baik dari keluarga, sekolah, atau masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Balqis, Nurul Jihan Lailinuruljihan123@gmail.comD01217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Agama
Keywords: Problematika; Siswa SMK; Keberagamaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Jihan Laili Balqis
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:32
Last Modified: 04 Aug 2021 23:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49238

Actions (login required)

View Item View Item