Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap pembentukan karakter peserta didik: studi kasus di MTs Ihyaul Islam, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hadi Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumtazah, Atiyatur Rohmah (2021) Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap pembentukan karakter peserta didik: studi kasus di MTs Ihyaul Islam, Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hadi Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiyatur Rohmah Mumtazah_D01217009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui lingkungan di pondok pesantren tahfidzul qur’an Al-Hadi Dukun Gresik, (2) Untuk mengetahui karakter peserta didik di MTs Ihyaul Islam Dukun Gresik, (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Ihyaul Islam, pondok pesantren tahfidzul qur’an Al-Hadi Dukun Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket/kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik MTs Ihyaul Islam yang tinggal di Pondok Pesantren Al-Hadi Dukun Gresik sebanyak 52 peserta didik. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purpose Sampling. Dan untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penlitian ini menyatakan: (1) Lingkungan di pondok pesantren tahfidzhul qur’an Al-Hadi Dukun Gresik memperoleh hasil 89,0% yang masuk dalam kategori “baik”, (2) Karakter peserta didik di MTs Ihyaul Islam Dukun Gresik memperoleh hasil 85,3% yang masuk dalam kategori “baik”, (3) Pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Ihyaul Islam, pondok pesantren tahfidzhul qur’an Al-Hadi Dukun Gresik dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana mendapat nilai (R) sebesar 0.558, nilai T_(hitung ) > T_tabel yaitu sebesar 4.760 > 2.008, dapat disimpulkan bahwa lingkungan pondok pesantren tahfidzhul qur’an Al-Hadi berpengaruh sedang terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Ihyaul Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumtazah, Atiyatur Rohmahazahmum08@gmail.comD01217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Subjects: Pesantren
Keywords: Lingkungan; Pondok Pesantren; Karakter.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atiyatur Rohmah Mumtazah
Date Deposited: 04 Aug 2021 13:41
Last Modified: 04 Aug 2021 13:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49241

Actions (login required)

View Item View Item