Pengaruh penggunaan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Penanggungan, Joko Samudro Putro (2021) Pengaruh penggunaan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Joko Samudro Putro Penanggungan_D91217103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dunia pendidikan hari ini mengalami perubahan yang luar biasa. khususnya dalam proses pembelajaran yang awalnya tatap muka kini berganti lewat sosial media dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Hal tersebut mendorong sekolah-sekolah untuk terus berbenah dengan menggunakan berbagai metode seperti metode hypnoteaching yang digunakan dalam mengupgrade motivasi belajar siswa siswi di kala pandemi. Tujuan penelitian berikut ialah ingin mengetahui 1) penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik. 2) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik. 3) pengaruh penggunaan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, adapun yang menmaka sampel yakni X IPS 2 (kelas eksperimen) dan X Agama (kelas kontrol) dengan teknik purpose sampling. penelitian ini menggunakan cara mengumpulkan data seperti dokumentasi, wawancara, angket (kuesioner) dan observasi. Analisis data yang dipakai yaitu rumus prosentase dan rumus regresi linier sederhana.Penelitian ini menunjukkan hasil yang menyatakan bahwa 1) Penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik adalah 77,6% tergolong baik. 2) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik bernilai 77,5% yang tergolong baik dan lebih tinggi dibanding kelas kontrol yakni 74,4%. 3) Pengaruh penggunaan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di Kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik, berdasarkan hasil analisis dari penggunaan rumus regresi linier sederhana diperoleh hasil Thitung > Ttabel (5076 > 2039) dengan skor signifikansi 0,000 < 0,05 dan skor koefisien korelasi (R) ialah 0,674. Sedangkan koefisisien determinasi R2 yaitu 0.454 yang berarti metode hypnoteaching berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran Fikih kelas X IPS 2 MAN 1 Gresik sebesar 45.4%. adapun selisihnya 54.6% di sebabkan oleh aspek yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Penanggungan, Joko Samudro Putrosamudropp@gmail.comD91217103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorMustofa, M.mustofahuda819@gmail.com2012025701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Hypnoteaching; Motivasi Belajar; Pembelajaran Daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Joko Samudro Putro Penanggungan
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:27
Last Modified: 05 Aug 2021 23:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49260

Actions (login required)

View Item View Item