Perubahan perilaku keagamaan pada masa pandemi Covid-19 di Desa Kawistowindu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Rosa Indah (2021) Perubahan perilaku keagamaan pada masa pandemi Covid-19 di Desa Kawistowindu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosa Indah Rahmawati_E92217074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah berbagai aspek dalam keseharian masyarakat khususnya di pedesaan. Kecemasan dan rasa tidak aman yang dialami sebagian besar masyarakat harus bisa disikapi dengan rasional agar masyarakat dapat bertahan hidup dan juga membantu orang lain. Penelitian tersebut berisikan tentang pertama, bagaimana bentuk-bentuk perubahan perilaku keagamaan. Kedua, proses perubahan perilaku mengalami kendala atau tantangan. Ketiga, bagaimana upaya menanamkan atau membangun perilaku masyarakat di masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui serta menjelaskan perubahan perilaku keagamaan pada masa pandemi covid-19 di Desa Kawistowindu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengadakan pengamatan serta menganalisis secara langsung data yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara offline, observasi, serta dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Skripsi ini menggunakan teori behavioristik milik Burrhus Frederic Skinner serta dari beberapa teori yang relevan mengenai hubungan agama perilaku. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan perilaku yang dialami oleh masyarakat desa Kawistowindu menuntut untuk menyesuaikan diri, lebih sadar akan menjaga pola makanan, menerapkan gaya hidup sehat demi meningkatkan sistem pertahanan tubuh alami. Masyarakat yang menerima, memahami, terbiasa terhadap kebiasaan baru, mampu mengurangi dampak culture shock.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Rosa Indahrosaindah2111@gmail.comE92217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127104
Subjects: Agama
Masyarakat
Perilaku
Keywords: Perilaku Keagamaan; Masyarakat; Covid-19.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rosa Indah Rahmawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:50
Last Modified: 05 Aug 2021 23:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49262

Actions (login required)

View Item View Item