Analisis Yuridis terhadap penanganan Balita terlantar di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imaroh, Ayu Nurul (2021) Analisis Yuridis terhadap penanganan Balita terlantar di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Nurul Imaroh_C91217096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dari hasil penelitian lapangan yang berjudul “Analisis Yuridis Terhadap Penanganan Balita Terlantar Di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo” untuk menjawab pertanyaan 1) Bagaimana penanganan balita telantar di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo?, 2) Bagaimana analisis yuridis terhadap penanganan balita telantar di UPT Perlindungan dan Pelayanan sosial asuhan balita Sidoarjo?. Penelitian kualitatif ini menggunakan data yang diambil dengan menggunakan beberapa metode yakni metode observasi, dokumentasi serta wawancara kepada beberapa staff dan pekerja di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo. Setelah memperoleh data dan mengumpulkannya, maka data akan diatur lalu dianalisa menggunakan metode deskripstif analitis dengan pola pikir deduktif. Hasil dari penggalian data melalui penelitian ini menyatakan bahwa implementasi penanganan terhadap balita terlantar di UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo melalui serangkaian program penanganan dalam upaya memberikan hak-hak anak terhadap balita telantar yakni dengan memberikan pelayanan kebutuhan pokok, pelayanan pemeliharaan kesehatan, pelayanan kebutuhan pendidikan formal dan non-formal, pelayanan kebutuhan sosial dan sarana pra-sarana atau fasilitas serta rangkaian program maupun kegiatan penunjang kebutuhan hak-hak anak terhadap balita terlantar. upaya yang dilakukan oleh UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo ini telah sesuai Undang-Undang No.35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak yakni lembaga tersebut memberikan upaya dalam penanganan dengan memberikan hak-hak anak dalam berbagai aspek, yakni aspek perlindungan, pemeliharaan, dan kesejahteraan terhadap balita terlantar yang berada dalam asuhannya. Namun pada sistem pola asuh, beberapa pengasuh masih tergolong kurang maksimal dalam aspek dasar pendidikan, keterampilan, dan keahliannya. Selain itu juga terdapat kurang sinkronnya jumlah pengasuh dengan balita yang berada dalam asuhannya. Berdasarkan hasil dari kesimpulan penelitian di atas, penanganan yang dilakukan oleh UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita Sidoarjo melalui serangkaian program penanganan bertujuan agar balita terlantar dapat mempunyai hak-hak anak yang sama selayaknya anak pada umumnya untuk hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik dan sewajarnya serta mempunyai kehidupan yang layak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imaroh, Ayu NurulAyunurima23@gmail.comC91217096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahid@uinsby.ac.id2010037801
Subjects: Anak
Panti Asuhan
Keywords: Balita; Balita terlantar; UPT Perlindungan dan Pelayanan sosial asuhan balita Sidoarjo.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ayu Nurul Imaroh
Date Deposited: 06 Aug 2021 13:39
Last Modified: 06 Aug 2021 13:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49263

Actions (login required)

View Item View Item