Keluarga bahagia perspektif Ahmad Kusyairi Suhail: studi analisis ayat-ayat keluarga bahagia dalam buku Menghadirkan Surga di Rumah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ar Rasyid, Abdurrahman (2021) Keluarga bahagia perspektif Ahmad Kusyairi Suhail: studi analisis ayat-ayat keluarga bahagia dalam buku Menghadirkan Surga di Rumah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdurrahman Ar-Rasyid_E93216051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga Bahagia Perspektif Ahmad Kusyairi Suhail (Studi Analisis Ayat-ayat Keluarga Bahagia dalam Buku Menghadirkan Surga di Rumah). Menjadi keluarga bahagia sejatinya merupakan keinginan setiap insan. Kondisi keluarga yang bahagia mengantarkan pada kesuksesan seseorang. Bilamana keluarga terbina dengan baik, maka ia dapat menjadi pionir perbaikan bagi umat. Definisi keluarga bahagia dewasa ini menjadi suatu hal yang sifatnya relatif. Guna menjawab kegelisahan tersebut, penelitian ini berupaya mengkonstruksi pemikiran Ahmad Kusyairi Suhail dalam bukunya yang berjudul “Menghadirkan Surga di Rumah”. Penelitian ini nantinya akan membahas mengenai bagaimana Ahmad Kusyairi Suhail menafsirkan ayat-ayat tentang keluarga bahagia, serta metode apa yang ditempuh dalam menafsirkan ayat-ayat tentang keluarga bahagia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif pustaka sekaligus wawancara, menggunakan pendekatan tafsir dan teori tafsir mawdhu’i. Hasilnya, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi Ahmad Kusyairi Suhail dalam menafsirkan ayat-ayat tentang keluarga bahagia. Ia beranggapan bahwa keluarga merupakan dasar dari segala hal. Dalam menafsirkan ayat-ayat tentang keluarga tersebut, Ahmad Kusyairi Suhail menggabungkan beberapa metode, yaitu gabungan antara metode tafsir bil ma’tsur dan bil ra’yi, serta model-model tafsir kontemporer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ar Rasyid, Abdurrahmanabdurrocid@gmail.comE93216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Akhirat > Surga
Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Keluarga; Keluarga Bahagia dalam Alquran; Ahmad Kusyairi Suhail; Content Analysis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Abdurrahman Ar Rasyid
Date Deposited: 05 Aug 2021 22:54
Last Modified: 05 Aug 2021 22:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49268

Actions (login required)

View Item View Item