Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal PISA Konten Space and Shape

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'dia, Holifatul (2021) Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal PISA Konten Space and Shape. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Holifatul Sa'dia_D74217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi adalah keterampilan dan kecakapan dalam menggunakan berbagai macam bilangan dan simbol-simbol yang berhubungan dengan matematika dasar untuk menyelesaikan permasalahan praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape ditinjau dari pengetahuan metakognitif siswa. Untuk melihat kemampuan literasi numerasi siswa digunakan indikator kemampuan literasi numerasi yang disesuaikan dengan tahapan proses penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Kota Probolinggo pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VIII-OSN. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa dengan dominasi pengetahuan deklaratif, 3 siswa dengan dominasi pengetahuan prosedural, dan 3 siswa dengan dominasi pengetahuan kondisional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner metakognitif MAI (Metacognitive Awareness Inventory) untuk pengambilan subjek, tes soal PISA konten space and shape, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa yang memiliki dominasi pengetahuan deklaratif tergolong mampu dalam kemampuan menganalisis informasi dari grafik, tabel, dan diagram; namun tidak mampu dalam menggunakan simbol dalam materi ruang dan bentuk; dan tidak mampu dalam keterampilan konsep ruang dan bentuk, dan pengukuran. Sedangkan kemampuan literasi numerasi siswa yang memiliki dominasi pengetahuan prosedural tergolong mampu dalam kemampuan menganalisis informasi dari grafik, tabel, dan diagram; mampu dalam menggunakan simbol dalam materi ruang dan bentuk; dan cukup mampu dalam keterampilan konsep ruang dan bentuk, dan pengukuran. Sedangkan kemampuan literasi numerasi siswa yang memiliki dominasi pengetahuan kondisional tergolong cukup mampu dalam kemampuan menganalisis informasi dari grafik, tabel, dan diagram; cukup mampu dalam menggunakan simbol dalam materi ruang dan bentuk; dan mampu dalam keterampilan konsep ruang dan bentuk, dan pengukuran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'dia, Holifatulholifatulsadia@gmail.comD74217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Literasi Numerasi; Metakognisi; PISA; Space and Shape.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Holifatul Sa'dia
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:20
Last Modified: 05 Aug 2021 23:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49273

Actions (login required)

View Item View Item