Aktualisasi konsep Green Deen Ibrahim Abdul Matin dalam mewujudkan Islam ramah lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, M. Rizal Fachruddin Eka (2021) Aktualisasi konsep Green Deen Ibrahim Abdul Matin dalam mewujudkan Islam ramah lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Rizal Fachruddin Eka Putra_E91215048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini kerusakan alam sering terjadi yang mana diakibat oleh tindakan eksploitatif yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber energi utama yang digunakan manusia adalah energi yang tidak terbarukan. Akhirnya berdampak pada lingkungan sekitar, akibatnya keseimbangan alam mulai terganggu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif library research (kepustakaan), yang pengumpulan data bersumber dari buku maupun tulisan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan mengkaji penerapan konsep Green Deen sebagai solusi untuk membangun kesadaran masyarakat tentang permasalahan lingkungan. Islam memberi suatu pandangan untuk menginspirasi umat Islam dan siapa pun yang memiliki perhatian untuk memelihara dan mencoba menyelamatkan planet ini. Pandangan tersebut mengandung enam prinsip: Yang pertama, keesaan Tuhan dan ciptaan-Nya (Tahid), yang kedua tanda-tanda (ayat) Tuhan yang agung, ketiga, manusia menjadi pemimpin dan pelindung (khalifah) di bumi, keempat amanah Tuhan terhadap manusia, kelima yaitu memperjuangkan keadilan ('adl), yang keenam yaitu Keserasian, keseimbangan (mizan) antara manusia dengan alam. Seluruh prinsip ini berhubungan dengan kecintaan umat muslim terhadap alam. Kemudian diformulasikan oleh Ibrahim Abdul Matin menjadi suatu konsep yaitu Green Deen. Penelitian ini menjelaskan bahwa dengan konsep Green Deen dapat menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap alam, yang mana akan mewujudkan suatu gaya hidup yang ramah lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, M. Rizal Fachruddin Ekaarispam999@gmail.come91215048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Aktualisasi; Green Deen; Islam Ramah Lingkungan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: M. Rizal Fachruddin eka putra
Date Deposited: 06 Aug 2021 23:54
Last Modified: 06 Aug 2021 23:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49278

Actions (login required)

View Item View Item