Peran komite Madrasah dalam penyusuanan Rencana Kerja Madrasah (RKM) pada masa Pandemi di MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nida'ul (2021) Peran komite Madrasah dalam penyusuanan Rencana Kerja Madrasah (RKM) pada masa Pandemi di MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nida'ul Hasanah_D91217061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan yaitu aspek krusial yang wajib dipunyai oleh masing-masing individu. Pendidikan yang kita tahu bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun orang tua dan masyarakat, yang mana masyarakat memiliki peran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan yang mencakup pengawasan, evaluasi, prencanaan progam pendidikan lewat Komite Madrasah. Komite Madrasah mempunyai peran yang sangat penting tidak hanya dalam pembangunan namun dalam hal pembelajaran sangtlah penting pula. Di masa pendemi ini peran komite madrasah sangat penting tidak hanya dalam bidang peningkatan mutu madrasah dan penyusunan RKM saja namun dalam hal pembelajaran juga sangat penting. Madrasah bisa dikatakan berkembang dengan baik apabila Komite Madrasah melakukan perannya dengan baik. Penelitian tujuannya: 1) agar melihat peran Komite Madrasah pada penyusunan rencana kerja madrasah pada masa pandemi di MIN 1 Lamongan 2) agar melihat urgensi Komite Madrasah pada pembuatan rencana kerja madrasah pada masa pandemi di MIN 1 Lamongan 3) supaya mengetahui faktor penghambat ataupun pendukung peranan Komite Madrasah untuk penyusunan rencana kerja madrasah pada era pandemi di MIN 1 Lamongan. Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang diambil mencakup literatur, sumber data lapangan memakai teknik observasi, dokumentasi, serta wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, ataupun wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) peran Komite Madrasah di MIN 1 Lamongan pada awal tahun ajaran baru 2020/2021 mulai aktif kembali dan selalu dilibatkan dalam segala kegiatan apapun yang berhubungan dengan madrasah baik dalam hal pembangunan maupun pembelajaran dan dalam penyusunan RKM 2) urgensi peran komite madrasah masa pandemi di MIN 1 Lamongan sangat penting hal diketahui berdasar hasil observasi ataupun wawancara menunjukkan pentingnya peran komite madrasah bukan hanya pada penyusunan RM saja, tetapi berdasarkan hal pembangunan ataupun pembelajaran 3) faktor pendukung peran komite dalam menjalankan kinerjanya yaitu bapak kepala madrasah yang aktif dalam mengajak dan ikut sertakan dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan madrasah, sedangkan faktor penghambat peran komite madrasah yaitu, kurang rasa peduli, pindah lokasi tempat tinggal, kesibukan masing-masing dan diundang tidak hadir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nida'ulhasanahnidaul267@gmail.comD91217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Peran Komite Madrasah; Pendidikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nida'ul Hasanah
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:42
Last Modified: 05 Aug 2021 23:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49295

Actions (login required)

View Item View Item