Efektivitas penggunaan PBL dengan phet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Alfiatin (2021) Efektivitas penggunaan PBL dengan phet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiatin Nadhiroh_D74216039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan terhadap kemampuan berpikir kritis berhubungan erat dengan situasi dunia yang bersifat dinamis, cepat berubah, dan tidak mudah ditebak. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan di era revolusi industri 4.0. Selain itu, dalam PerMenDikNas Nomor 36 tahun 2018 memuat tentang penyempurnaan pola pikir melalui penguatan pola pembelajaran kritis. Salah satu model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah model PBL yang dipadu dengan media PhET. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan media PhET yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan efektivitas penggunaan PBL dengan media PhET untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas VIII A di MTsN Negeri 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, observasi, tes, dan angket. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: media PhET dirancang dengan menggunakan tiga tahapan IDI, yaitu define yang terdiri dari analisis kebutuhan media; menyimpulkan analisis kebutuhan media; menyusun kerangka media PhET; dan membuat konsep desain media PhET, development yang terdiri dari merancang media PhET; validasi media PhET; dan revisi media PhET, dan evaluate yang terdiri dari penggunaan media PhET. Hasil observasi aktivitas siswa memperoleh persentase 92,2% dan mencapai kriteria sangat aktif. Hasil observasi kemampuan guru melaksanakan RPP memperoleh skor 3,53 dan mencapai kriteria sangat baik. Hasil analisis data tes kemampuan berpikir kritis matematis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test setelah diterapkan pembelajaran model PBL dengan PhET. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil dari uji paired sample t-test dimana nilai sig lebih kecil dari 0,005 yaitu 0,000 ≤ 0,005, sehingga hipotesis siterima dan rata-rata nilai post test lebih tinggi daripada rata-rata nilai pre test yaitu 67,52 > 55,88. Hasil angket respon siswa memperoleh presentase 91,85% dan mencapai kriteria sangat positif. Dengan tercapainya semua kriteria keefektifan yang telah ditentukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBL dengan PhET efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, Alfiatinalfiatinnadhiroh05@gmail.comD74216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Keywords: Efektivitas; PBL; Phet; Berpikir Kritis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfiatin Nadhiroh
Date Deposited: 04 Aug 2021 13:11
Last Modified: 04 Aug 2021 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49301

Actions (login required)

View Item View Item