Analisis permainan Bahasa dalam konten Dakwah Jumat Call pada Akun Instagram GP Ansor perspektif Ludwig Wittgenstein

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanullah, Fahmi Arif (2021) Analisis permainan Bahasa dalam konten Dakwah Jumat Call pada Akun Instagram GP Ansor perspektif Ludwig Wittgenstein. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Arif Amanullah_E21216113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gerakan Pemuda Ansor atau akrab dikenal sebagai GP Ansor merupakan salah satu Banom (Badan Otonom) dari Ormas Induk Nahdlatul Ulama (NU). GP Ansor berbasis kepemudaan yang fokus membina, mengayomi dan merajut cita-cita pemuda dalam bingkai keislaman dan keindonesiaan yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Melacak akar sejarah atau historsitas dari GP Ansor dari sejak didirikannya hingga hari ini Ansor tetap gigih merawat dan mempertahankan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) dan nilai-nilai kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kajian dalam artikel ini menitik beratkan pada bagaimana upaya GP Ansor di tengah konteks zaman sosio-religius dan sosio-kultur Indonesia yang kian hari kian marak terjadi penyelewengan-penyelewangan keberagamaan dan kebangsaan yang diarus-utamakan melalui media sosial daring (dalam jaringan). GP Ansor dalam menanggapi hal tersebut kemudian segera mengambil peran untuk men-counter gerakan-gerakan penyelewengan keagamaan tersebut yang mengarah pada orientasi persatuan dan kesatuan umat. GP Ansor melakukan counter discourse (wacana tanding) dengan mengarus-utamakan narasi-narasi keagamaan dan kebangsaan dengan memilih qoutes (perkataan) Gus Mus yang dikemas dalam konten dakwah Jumat Call dalam akun Instagram GP Ansor. Telaah teori language game dalam membedah permasalahan tersebut merupakan sebuah unsur kebaruan daripada kajian ini. Bagaimana dan apa makna dibalik gerak langkah GP Ansor dalam hal tersebut peneliti bedah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana kata-kata naratif atau penjelasan dalam bentuk gambaran-gambaran bahasa yang disajikan secara sistematis. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa, GP Ansor melakukan kontra-narasi secara dinamis yang sangat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanullah, Fahmi Arifblangkon483@gmailcomE21216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Media Massa
Organisasi Masyarakat
Keywords: Permainan Bahasa; GP Ansor; Konten Dakwah Jumat Call.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahmi Arif Amanullah
Date Deposited: 11 Aug 2021 11:20
Last Modified: 11 Aug 2021 11:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49317

Actions (login required)

View Item View Item