Profil kemampuan pemecahan masalah Matematika Kontekstual Keislaman peserta didik pada sekolah berbasis pesantren ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Hilmi (2021) Profil kemampuan pemecahan masalah Matematika Kontekstual Keislaman peserta didik pada sekolah berbasis pesantren ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilmi Nabila_D74216094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika kontekstual keislaman adalah kemampuan peserta didik dalam menemukan sebuah solusi terhadap suatu permasalahan/situasi non rutin yang berhubungan dengan konteks keislaman dan membutuhkan pemikiran matematika menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika kontekstual keislaman peserta didik dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah pada sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik dengan kecerdasan logis matematis tinggi, 2 peserta didik dengan kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 peserta didik dengan kecerdasan logis matematis rendah. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling melalui tes kecerdasan logis matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika kontekstual keislaman peserta didik dengan kecerdasan logis matematis tinggi pada sekolah berbasis pesantren adalah memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, kecuali tahap pengecekan kembali. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika kontekstual keislaman peserta didik dengan kecerdasan logis matematis sedang pada sekolah berbasis pesantren adalah memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, kecuali tahap pengecekan kembali. 3) Kemampuan pemecahan masalah matematika kontekstual keislaman peserta didik dengan kecerdasan logis matematis rendah pada sekolah berbasis pesantren adalah memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, kecuali tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan pengecekan kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Hilmimiminabyla11@gmail.comD74216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorHamdani, Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Keywords: Masalah Matematika Kontekstual Keislaman; Sekolah Berbasis Pesantren; Kecerdasan Logis Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hilmi Nabila
Date Deposited: 09 Aug 2021 20:36
Last Modified: 09 Aug 2021 20:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49321

Actions (login required)

View Item View Item