Analisis komunikasi matematis santri dalam pembelajaran matematika: strategi everyone is a teacher here

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An-Nur, Dwi Mahiroh (2021) Analisis komunikasi matematis santri dalam pembelajaran matematika: strategi everyone is a teacher here. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Mahiroh An-Nur_D74215039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi penting dimiliki oleh siswa, begitupun dengan santri. Santri adalah siswa yang bermukim di pesantren. Pesantren merupakan wadah bagi santri dalam melatih komunikasi baik lisan maupun tulisan, baik dengan guru ataupun dengan santri lainnya. Kebiasaan santri ketika di pesantren adalah melakukan segala aktivitas bersama dengan temannya, termasuk berdiskusi tentang apa saja juga bersama dengan temannya. Strategi pembelajaran yang sesuai untuk santri jika mempunyai kebiasaan bertanya dan berdiskusi dengan gurunya maupun dengan temannnya dalam pembelajaran matematika adalah strategi Everyone Is A Teacher Here. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gaya komunikasi dan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan santri dalam pembelajaran matematika strategi Everyone Is A Teacher Here.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tulis. Kegiatan penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs Hidayatul Islamiyah Sumberagung Plumpang Tuban. Seluruh siswa mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasa dengan materi bentuk aljabar dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Subjek yang diamati pada saat pembelajaran adalah 2 subjek terpilih secara acak. Untuk memperoleh data penelitian, dilakukan observasi pada saat pembelajaran berlangsung untuk mengetahui gaya komunikasi dan kemampuan komunikasi lisan. Kemudian diberikan soal untuk mengetahui kemampuan komunikasi tulis pada tahap akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa gaya komunikasi santri dalam pembelajaran matematika strategi Everyone Is A Teacher Hereadalah gaya komunikasiThe Equalitarium Style. Untuk kemampuan komunikasi lisan dan tulisan kedua subjek berbeda. Kemampuan komunikasi matematis lisan yang dimiliki oleh santri dalam pembelajaran matematika strategi Everyone Is A Teacher Hereyaitu subjek S1 memiliki kemampuan komunikasi matematis lisan tinggi sedangkan subjek S2 memiliki kemampuan komunikasi matematis lisan sedang. Kemudian, kemampuan komunikasi matematis tulis santri dalam pembelajaran matematika strategi Everyone Is A Teacher Here yaitu subjek S1 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis tinggi sedangkan subjek S2 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An-Nur, Dwi Mahirohdwimahiroh23@gmail.comD74215039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Komunikasi
Matematika
Santri
Keywords: Gaya Komunikasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis; Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Mahiroh An-Nur
Date Deposited: 10 Aug 2021 00:34
Last Modified: 10 Aug 2021 00:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49323

Actions (login required)

View Item View Item