Studi komparatif antara pandangan tokoh Majelis Ulama Indonesia dan Nahdlatul Ulama Jawa Timur tentang penggunaan peti mati dalam pemakaman jenazah negatif Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharisma, Niawati (2021) Studi komparatif antara pandangan tokoh Majelis Ulama Indonesia dan Nahdlatul Ulama Jawa Timur tentang penggunaan peti mati dalam pemakaman jenazah negatif Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Niawati Kharisma_C95217028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Studi Komparatif antara Pandangan Tokoh Majelis Ulama Indonesia dan Nahdlatul Ulama Jawa Timur tentang Penggunaan Peti Mati dalam Pemakaman Jenazah Negatif Covid-19”. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana penguburan jenazah negatif Covid-19 menggunakan peti mati, serta bagaimana menurut pandangan tokoh Majelis Ulama Indonesia dan Nahdlatul Ulama di JATIM mengenai peti mati dalam pemakaman jenazah negatif Covid-19. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik analisis komparatif. Menganalisis data dari informan yang sudah terkumpul dengan mengelompokkan data berdasar variabel dari seluruh informan. Serta menganalisis secara komparatif pendapat tokoh Majelis Ulama Indonesia dan tokoh Nahdlatul Ulama di Jawa Timur terkait dengan persamaan dan perbandingan dalam pemakaman menggunakan peti mati. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwasannya Penggunaan peti dalam pemakaman jenazah negatif Covid-19, Penguburan menggunakan peti mulai dari memandikan dan mengkafani, mensholatkan kemudian dikuburkan dan yang terakhir penyerahan jenazah menuju tempat pemakaman, juga ada pembungkus plastik kemudian peletakan jenazah ke peti itupun agar dihadapkan ke arah kiblat. Persyaratan atau protokol pemakaman sesuai seperti pada aturan pemerintah dan sudah diatur dalam fatwa MUI nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengurusan Jenazah Muslim yang terinfeksi Covid-19. Bahwa sebagian ulama MUI lebih mengikuti mayoritas ulama yang tidak perlu dimasukkan dalam peti. Sedangkan ulama NU dan sebagian ulama MUI lainnya mengatakan penguburan jenazah negatif Covid-19, bahwa sesuai kesepakatan ulama mazhab dimakhruhkan mengubur jenazah dalam peti karena termasuk bid’ah, kecuali jika ada halangan seperti di tanah yang lembab atau gembur, berair atau adanya binatang buas yang akan menggalinya walaupun sudah padat yang sekiranya tidak akan bisa terlindungi kecuali dimasukkan ke dalam peti, atau jenazah wanita yang tidak punya mahram, dalam hal ini maka tidak dimakhruhkan menggunakan peti mati untuk kemaslahatan, bahkan bila diperkirakan adanya binatang buas maka hukumnya menjadi wajib. Saran, Kepada pihak tokoh ulama MUI dan NU Jawa Timur, untuk dapat berpartisipasi lebih dalam prosedur penanganan pemakaman Covid-19 yang berstatus negatif Covid-19. Karena banyaknya penolakan menggunakan peti dari pihak keluarga sendiri. Serta senantiasa mengoptimalkan prosedur protokol pemakaman Covid-19 sesuai keadaan riwayat kematian si mayit. mampu menjawab problematika sosial. Berkaitan dengan judul penelitian yaitu, Studi Komparatif antara Pandangan Tokoh Majelis Ulama Indonesia dan Nahdlatul Ulama Jawa Timur tentang penggunaan peti mati dalam pemakaman jenazah negatif Covid-19. Semoga bisa diambil dari sisi positif serta dapat memberikan keilmuan serta pengetahuan bagi pembaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharisma, Niawatiniawatikharisma@gmail.comC95217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiza, Kemalkemalespe@yahoo.com197507012005011008
Subjects: Perbandingan Madzhab
Keywords: Pemakaman; Peti Mati; Pasien covid 19; Protokol Pemakanam.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Niawati Kharisma
Date Deposited: 11 Aug 2021 11:41
Last Modified: 11 Aug 2021 11:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49326

Actions (login required)

View Item View Item