Pengembangan pembelajaran matematika model project based learning (PjBL) untuk melatih keterampilan abad 21 berkarakter entrepreneurship

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harlianti, Sri (2021) Pengembangan pembelajaran matematika model project based learning (PjBL) untuk melatih keterampilan abad 21 berkarakter entrepreneurship. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Harlianti_D74216112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan learning and innovation skills-4Cs (keterampilan belajar dan inovasi) di abad 21 yang dikolaborasikan dengan karakter entrepreneurship oleh peneliti, sehingga memungkinkan agar keterampilan peserta didik terlatih dengan baik melalui pembelajaran matematika model project based learning (PjBL). Adapun penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) matematika model Project Based Learning (PjBL) untuk melatih keterampilan abad 21 berkarakter entrepreneurship yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 fase, namun karena terjadinya wabah pandemic Covid-19 maka penelitian ini hanya dapat melalui 3 fase, yaitu: 1) analyze; 2) Design; dan 3) Development. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi aritmatika sosial. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data yang dimaksud, yaitu data kevalidan dan kepraktisan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara via online untuk data kondisi awal pembelajaran di tempat penelitian, teknik angket untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran, teknik angket untuk penilaian karakter entrepreneurship, dan teknik observasi untuk penilaian keterampilan abad 21 terkait dengan keterampilan 4C (kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi). Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data kevalidan perangkat pembelajaran dan data kepraktisan pembelajaran. Dari analisis yang dilakukan pada lembar perangkat pembelajaran RPP dan LKPD dengan menggunakan perhitungan validasi Aiken’s V menunjukan bahwa perangkat pembelajaran RPP dan LKPD terbukti “valid” dengan koefisien Aiken’s V di atas 0,8, yaitu sebesar 0,83. Sedangkan analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dengan mencari rata-rata nilai akhir dari penilaian ke-5 validator telah dinilai “praktis” dengan rata-rata kepraktisan RPP sebesar 85,994 kategori “B” yang artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi, dan rata-rata kepraktisan LKPD terkait dengan penilaian keterampilan abad 21 sebesar 86,114 kategori “A” yang artinya dapat digunakan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harlianti, Srisriharlianti01@gmail.comD74216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Keywords: Model Project Based Learning (PjBL); Keterampilan Abad 21; Karakter Entrepreneurship.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Harlianti
Date Deposited: 09 Aug 2021 21:10
Last Modified: 09 Aug 2021 21:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49335

Actions (login required)

View Item View Item