Standardisasi modifikasi kendaraan bermotor bagi penyandang Disabilitas di wilayah polres Sidoarjo perspektif Maqasid Al-Shari‘ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Rizki Putri (2021) Standardisasi modifikasi kendaraan bermotor bagi penyandang Disabilitas di wilayah polres Sidoarjo perspektif Maqasid Al-Shari‘ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Putri Lestari_C93217060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Skripsi ini menggunakan teori deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif, yaitu teknik analisa dengan cara memaparkan data apa adanya, dalam hal ini data tentang “Standardisasi kendaraan bermotor di wilayah Sidoarjo”, kemudian dianalisa dengan menggunakan teori maqasid al-shari‘ah. Sedangkan pola pikir deduktif adalah pola pikir yang berangkat dari variabel yang bersifat khusus, dalam hal ini standardisasi kendaraan bermotor penyandang disabilitas di polres Sidoarjo, kemudian diambil sebuah kesimpulan. Hasil penelitian terkait analisis terhadap standardisasi modifikasi kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitas di wilayah Polres Sidoarjo yaitu perlu adanya sosialisasi tentang aturan standardisasi modifikasi kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitas agar masyarakat dalam memodifikasi sepeda motor untuk dipakai harian dan bebas dari tilang dapat hidup seperti masyarakat yang lain. Serta perspektif maqasid al-shari‘ah terhadap standardisasi modifikasi kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitas di wilayah Polres Sidoarjo ditinjau dari segi hukum modifikasi kendaraan bagi penyandang disabilitas demi tujuan keselamatan dapat diaktakan memenuhi unsur maqasid al-shari‘ah selama masih dapat dikatakan wajar, sedangkan jika di tinjau dari penetapan kebijakan standardisasi modifikasi kendaraan bermotor oleh polres Sidoarjo, maqasid al-shari‘ah sangat menganjurkan kebijakan yang diberikan polres Sidoarjo untuk diterapkan selama masih memiliki unsur keadilan, dan yang terakhir penanggung jawab kendaraan hasil modifikasi jika ditinjau dari segi perspektif maqasid al-shari‘ah belum dapat dikatakan layak untuk melakukan modifikasi kendaraan bermotor kerena masih banyak bengkel yang belum memiliki label SNI untuk memodifikasi kendaraan bermotor bagi penyandang disabilitias. Dengan demikian saran dari penulis bagi penyandang disabilitas hendaknya dalam memodifikasi kendaraan bermotor perlu mengikuti aturan yang sudah diterapkan oleh pihak kepolisian Polres Sidoarjo agar keselamatan bagi pengendara motor penyandang disabilitas tetap terjamin dan terlindungi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Rizki Putrirputri03@gmail.comC93217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubarok, Nafinafi.mubarok@gmail.com2014047401
Subjects: Hukum Islam
Penyandang Cacat
Keywords: Kendararaan bagi penyandang disabilitas; Modifikasi kendaran; Penyandang disabilitas.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Rizki Putri Lestari
Date Deposited: 09 Aug 2021 21:08
Last Modified: 09 Aug 2021 21:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49355

Actions (login required)

View Item View Item