Model interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy'ari Sukodono Sidoarjo: studi kasus dalam perspektif kitab Adabul A’lim Wal Muta'alim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikfan, Mochamad Syaiful (2021) Model interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy'ari Sukodono Sidoarjo: studi kasus dalam perspektif kitab Adabul A’lim Wal Muta'alim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Syaiful Ikfan_D01216019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Interaksi memiliki makna, yaitu sesuatu yang mengambil tindakan, saling berhubungan, mempengaruhi atau berpotongan. “Interaksi dalam pendidikan yang sedang berlangsung, melibatkan semua pihak yang bermakna untuk mencapai tujuan pendidikan (yaitu mengubah perilaku seseorang).” “Untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu dengan adanya tanda menungkatnya penguasaan pembentukan kepribadian, diantara pihak-pihak yang bersinggungan dalam aktifitas pendidkan adalah guru, murid, pemerintah, para ahli pendidikan, assesor, siswa, orang tua, pegawai, tenaga bantu, tenaga peneliti, tenaga adiministrasi, penyedia sarana prasarana, dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya.” Berangkat dari masalah tersebut, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana interaksi guru dengan murid di ma hasyim asy’ari sukodono sidoarjo, (2) Bagaimana problematika interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo, (3) Bagaimana solusi problematika interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo dalam perspektif kitab Adabul a’lim wal Muata’alim. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui interaksi guru dengan murid di ma hasyim asy’ari sukodono sidoarjo, (2) Mengetahui problematika interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo, (3) Mengetahui solusi problematika interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo dalam perspektif kitab Adabul a’lim wal Muata’alim. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan study kasus artinya mengangkat kasus-kasus yang berkembang pada objek dan sujek penelitian. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi sebagai langka awal penelitian, wawancara sebagai proses penggalian data dan dokumentasi sebagai data penunjang. “Setelah itu baru mengadakan penelitian lapangan dengan teknik yang sudah terencana.” “Untuk kiat ini penyusun datang langsung ketempat penelitian dengan memperhatikan kondisi yang ada serta melakukan pencatatan seperlunya untuk dilaporkan dalam skripsi.” “Tujuan menggunakan metode ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru dan murid pada MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo sehingga peneliti memperoleh gambaran yang lebih komprehensif dan akuntabel.” Adapun hasil penelitian interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy’ari sukodono menunjukkan bahwa: (1) Interaksi guru dengan murid di MA Hasyim Asy’ari sukodono berjalan dengan baik dan masih bisa dikondisikan. (2) Problematika interaksi guru dengan murid saat ini adalah karena adanya virus covid semua serba daring sehingga guru tidak dapat langsung memantau perkembangan belajar murid selain itu problem yang tergambar ialah sikap dan akhlaq peserta didik yang masih kurang karim terhadap bapak ibu guru, dan interaksi yang terjalin di dalam kelas masih kurang efektif dikarenakan anak yang masih kurang semangat dalam pembelajaran disebabkan hal pribadi yang menggangu kosentrasi peserta didik. (3) Solusi untuk mengatasi problematika ialah dengan cara memotivasi murid seperti memberikan perhatian, membuat suasana kelas lebih nyaman dan menghidupkan suasana kelas serta memberikan reward kepada murid hal ini tercurahkan pada kitab adabul a’lim wal muta’alim bahwasannya akhlaq guru ialah harus selalu memberikan motivasi kepada peserta didiknya, sebab ia merupakan motivator dan pembimbing yang berkewajiban utnuk membuat murid selalu bersemangat dalam belajar..

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikfan, Mochamad Syaifulsyaiful.ikfan170845@gmail.comD01216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorMustofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Model Interaksi; Guru; Murid; Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’Allim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochamad Syaiful Ikfan
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:05
Last Modified: 11 Aug 2021 13:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49380

Actions (login required)

View Item View Item