Interaksi Sosial dalam membangun toleransi antar umat beragama di Pura Jala Wira Dharma dengan Masjid As-Salam di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyati, Nur Apni (2021) Interaksi Sosial dalam membangun toleransi antar umat beragama di Pura Jala Wira Dharma dengan Masjid As-Salam di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Apni Mardiyati_E02217030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Interaksi Sosial dalam Membangun Toleransi Antar Umat Beragama di Pura Jala Wira Dharma dengan Masjid As-Salam di Surabaya” ditulis sebagai salah satu syarat mendapat gelar sarjana. Penulis mengerjakan skripsi ini dengan di latar belakangi oleh kedua tempat ibadah yang berdekatan, sikap toleransi yang terjalin dengan sangat rukun, dan menepis isu-isu intoleransi di Indonesia sendiri. Disini, penulis juga bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk interaksi sosial seperti apa yang terjadi, dan selain itu juga bagaimana dengan hubungan sikap tolernsi yang terjadi di antara dua tempat ibadah terebut. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan dengan menggunakan pendekatan sosiologi agama. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan sekunder yaitu masyarakat, pemuka agama, dokumen- dookumen dari buku, jurnal, media cetak dan dokumen lainnya. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti, dengan bantuan beberapa alat pengumpul data yang berupa pedooman observasi, wawancara dan studi dookumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan dalam bentuk partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, penyusunan data. Dan pengujian keabsahan hasil penelitian yaitu credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil yang didapatkan dari penelitian skripsi ini adalah: pertama,ditemukan beberapa bentuk-bentuk interaksi yaitu interaksi sosial bentukasosiasi yang meliputi : kerjasama, akomdasi, dan asimilasi. Kedua, ditemukan bahwa ada dua bentuk sikpa toleransi yang terjadi, yaitu ssikap toleransi kerjasama dalam hal keagamaan dan kerjasama dalam kegiatan sosial. Dan sikap toleransi ini menjadi pondasi terjadinya interaksi sosial yang baik sehingga dapat membangun toleransi yang kuat dan baik juga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyati, Nur Apninurapnim180498@gmail.comE02217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Agama > Hindu
Toleransi
Keywords: Interaksi Sosial; Toleransi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nur Apni Mardiyati
Date Deposited: 11 Aug 2021 13:22
Last Modified: 11 Aug 2021 13:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49384

Actions (login required)

View Item View Item