Analisis berpikir Intuitif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Disc

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dita Arum (2021) Analisis berpikir Intuitif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Disc. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Arum Sari_D74215038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam memecahkan suatu permasalahan, siswa umumnya melakukan proses berpikir secara analitik dan menggunakan logika rasional. Akan tetapi, tidak semua permasalahan matematika mampu dipecahkan secara analitis, terkadang seorang siswa harus memiliki perkiraan atau dugaan terkait jawaban yang mungkin menjadi solusi dari suatu permasalahan tanpa harus melalui pembuktian. Proses berpikir seperti itu dinamakan berpikir intuitif. Dalam proses berpikir seseorang, tipe kepribadian mempengaruhi prosesnya. Berdasarkan pengalaman peneliti selama melakukan PPL di MTsN 2 Surabaya, siswa dengan tipe kepribadian yang mendominasi kelas cenderung mengutarakan ide mengenai proses berpikir dan langkah-langkah pemecahan masalah matematika secara lugas. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan tipe kepribadian menurut tes DISC. Dalam penelitian ini, berpikir intuitif siswa dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kepribadian DISC, tes pemecahan masalah dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat kepribadian yakni Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance menggunakan intuisi antisipatori, afirmatori, dan konklusif dalam pemecahan masalah matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dita Arumditaarum78@gmail.comD74215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Berpikir Intuitif; Memecahkan Masalah Matematika; Kepribadian DISC (Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dita Arum Dita Arum
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:40
Last Modified: 11 Aug 2021 12:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49387

Actions (login required)

View Item View Item