Pengaruh pelaksanaan pembelajaran Fikih berbasis E-learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfiro, Arrum (2021) Pengaruh pelaksanaan pembelajaran Fikih berbasis E-learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arrum Magfiro_D91217084.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis e-learning merupakan salah satu pembelajaran alternatif yang memanfaatkan jasa atau bantuan jaringan internet, agar guru dan siswa tetap dapat melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai substitusi atau pengganti daripada pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan, karena kondisi pandemi saat ini yang mengharuskan agar pembelajaran dilaksanakan secara terpisah antara guru dan siswa. Penggunaan e-learning dapat diterapkan pada seluruh mata pelajaran satunya adalah pembelajaran fikih. Karena pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan e-learning merupakan bentuk terapan pembelajaran yang baru dan tidak menutup kemungkinan adanya kesulitan yang dialami selama pelaksanaannya. Oleh karena itu, menarik perhatian peneliti untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Fikih Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII di MTsN 2 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh pembelajaran fikih berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Sidoarjo. Melalui pendekatan kuantitatif metode survey. Dengan Teknik sampel random dan sampel yang digunakan sebanyak 81 siswa kelas VIII dari jumlah populasi sebesar 303 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan, dokumentasi. Serta analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan nilai signifikansi dan uji T. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil analisis regresi dengan persamaan Y'= 73,360+0,177X yang menunjukkan nilai positif pada koefisien regresi, dengan koefisien determinasi 5,4%, dan nilai signifikansi sebesar 0,037 < 0,05, serta nilai thitung 2,125 > ttabel 1,990 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif tetapi sangat kecil pada pembelajaran fikih berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 2 Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfiro, Arrumarrummagfiro84@gmail.comD91217084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Fikih; E-Learning; Hasil Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arrum Magfiro
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:23
Last Modified: 11 Aug 2021 12:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49391

Actions (login required)

View Item View Item