Tinjauan kriminologi dan hukum pidana Islam terhadap terpidana yang dijatuhi hukuman Kebiri Kimia: studi kasus lembaga pemasyarakatan kelas I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A’yun, Balqis Qurrota (2021) Tinjauan kriminologi dan hukum pidana Islam terhadap terpidana yang dijatuhi hukuman Kebiri Kimia: studi kasus lembaga pemasyarakatan kelas I Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Balqis Qurrota A'yun_C93217077.pdf

Download (938kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif, data yang disajikan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan juga studi literatur. Kemudian data diolah dengan metode deskriptif analisis serta pola fikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan: Ditinjau dari perspektif kriminologi, tindak pidana yang dilakukan oleh Muhammad Aris dan Rahmat Santoso Slamet dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yakni faktor psikologis, faktor ekonomi, dan faktor pendidikan. Disamping itu teori-teori kriminologi yang berkaitan dengan kasus tersebut diantaranya teori psikologis hedonistis, teori kontrol sosial, dan teori pembelajaran sosial. Sedangkan apabila ditinjau dari perspektif hukum pidana islam, penjatuhan sanksi yang diberikan oleh kedua terpidana telah memenuhi asas-asas hukum pidana islam. Berkenaan dengan sanksi kebiri kimia, dampak yang dapat dirasakan diantaranya penuaan dini pada tubuh, meningkatkan risiko osteoporosis, mengurangi massa otot, mengalami ginekomastia, meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Selaras dengan kesimpulan di atas, maka diharapkan penegak hukum mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya kejahatan seksual serta bagaiamana upaya dalam menyikapinya. Kemudian teruntuk masyarakat umum, hendaknya tidak menganggap tabu terkait sex education, manakala terdapat korban pelecehan atau kekerasan seksual hendaknya bantu untuk speak up dan temani mereka dalam proses recovery. Dan yang tak kalah penting, bagi pemerintah hendaknya mengkaji lebih dalam berkenaan eksekusi kebiri kimia, mengingat tak sedikit pro-kontra terkait penjatuhan sanksi tersebut. Disamping itu diharapkan nantinya sanksi ini tak hanya menjadi wujud represif semata namun dapat memperbaiki tatanan masyarakat kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A’yun, Balqis Qurrotabqurrata@gmail.comC93217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Kriminologi
Keywords: Kejahatan seksual; Kebiri kimia.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Balqis Qurrota A'yun
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:29
Last Modified: 11 Aug 2021 12:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49393

Actions (login required)

View Item View Item