Analisis proses abstraksi siswa pada Materi Geometri berdasarkan Teori Bruner

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Francisca, Martina Yuliver (2021) Analisis proses abstraksi siswa pada Materi Geometri berdasarkan Teori Bruner. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Martina Yuliver Fransisca_D74216098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstraksi merupakan sebuah aktivitas yang merupakan proses mental dalam membentuk suatu konsep matematika yang melibatkan hubungan antar struktur atau objek-objek matematis. Proses abstraksi juga merupakan sebuah proses kognitif yang berlangsung ketika seseorang mempelajari konsep matematika. Menurut Bruner proses kognitif terbagi menjadi 3 tahap yaitu, memperoleh informasi baru, transformasi informasi, dan menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan. Ilmu matematika yang mempelajari objek-objek yang sifatnya abstrak adalah geometri. Dalam menyelesaikan soal geometri, masing-masing siswa memiliki cara dan kemampuan penyelesaian yang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh kemampuan matematika siswa. Siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi cenderung lebih bisa melalui semua tahapan proses abstraksi dengan baik dan benar. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses abstraksi siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan teori Bruner pada siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjeknya menggunakan teknik purposive sampling, yaitu diambil 6 subjek dari 31 siswa kelas IX-A MTsN 3 Surabaya yang dipilih berdasarkan kemampuan matematikanya yang meliputi 2 subjek berkemampuan matematika tinggi, 2 subjek berkemampuan matematika sedang, dan 2 subjek berkemampuan matematika rendah. Instrument penelitiannya yaitu tes tulis soal geometri dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes tulis dan wawancara. Hasil dari data penelitian, dianalisis terlebih dahulu berdasarkan kesesuaiannya terhadap indikator proses abstraksi berdasarkan teori Brunner dalam menyelesaikan soal geometri. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal geometri dapat melalui semua proses abstraksi pada tahapan memperoleh informasi baru, transformasi informasi dan menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan. (2) Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal geometri dapat melalui semua proses abstraksi pada tahap memperoleh informasi baru, pada tahap kedua yaitu tahap transformasi informasi siswa tidak melalui proses mengidentifikasi karakteristik objek yang dimanipulasikan lewat gambar, dan pada tahap ketiga siswa dapat melalui tahap menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan. (3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat melalui semua proses abstraksi pada tahap memperoleh imformasi baru, transformasi informasi dan menguji relevansi dan ketepatan pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Francisca, Martina Yulivermyuliver@gmail.comD74216098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Proses Abstraksi; Teori Bruner; Soal Geometri; Kemampuan Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MARTINA YULIVER FRANCISCA
Date Deposited: 11 Aug 2021 12:53
Last Modified: 11 Aug 2021 12:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49401

Actions (login required)

View Item View Item