Optimasi k-means clustering menggunakan metode elbow untuk pengelompokan rumah tangga miskin di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrianingsih, Fitrianingsih (2021) Optimasi k-means clustering menggunakan metode elbow untuk pengelompokan rumah tangga miskin di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiitrianingsih_H72216030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan serius yang dihadapi setiap negara, termasuk Indonesia. Terlebih pada saat pandemi COVID-19 yang dialami oleh Indonesia saat ini, semakin memperparah angka kemiskinan. Berbagai program kebijakan saat ini telah diambil pemerintah sebagai bentuk upaya dalam pengentasan kemiskinan, termasuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat miskin. Akan tetapi, bantuan sosial yang diberikan sering kali tidak tepat sasaran atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan masayarakat. Hal tersebut dapat mempengaruhi program pengentasan kemiskinan tidak efisien dan berjalan lebih lamban. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengelompokkan masyarakat miskin sesuai dengan kategori, menggunakan metode K-Means yang dioptimasi menggunakan metode Elbow. Pengukuran jarak menggunakan metode Eucledian. Pada setiap kategori diperoleh hasil tingkat kemiskinan paling tinggi terdapat pada kategori bangunan dengan jumlah rumah tangga sangat miskin sebanyak 656, sedangkan tingkat kemiskinan paling rendah terdapat pada kategori pangan dengan jumlah rumah tangga miskin sebanyak 38. Hasil validasi berdasarkan silhouette index yang lebih dari 0.5 dan davies-bouldin index yang mendekati 0 pada setiap kategori menunjukkan cluster yang terbetuk dalam penelitian ini layak digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrianingsih, Fitrianingsihfitrianingsihfitri53@gmail.comH72216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Kemiskinan
Keywords: K-Means; Elbow; Kemiskinan; Cluster; Eucledian.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Fitrianingsih Fitrianingsih
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:14
Last Modified: 15 Aug 2021 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49432

Actions (login required)

View Item View Item