Pengembangan media pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada pembelajaran Tematik Kelas V MI Mambaul Ma’arif Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Siti Alfiatuz (2021) Pengembangan media pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada pembelajaran Tematik Kelas V MI Mambaul Ma’arif Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Alfiatuz Zuhriyah_D97217113.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pada masa merebaknya Corona Virus Disease-19 (Covid-19), Smartphone telah dimanfaatkan oleh hampir seluruh lembaga pendidikan di Indonesia sebagai media komunikasi dan media belajar secara daring. Sesuai wawancara dan observasi pada kelas V MI Mambaul Ma’arif Jombang tentang penggunaan Smartphone sebagai media pembelajaran, menyatakan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran berbasis Android yang tepat untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan untuk 1) merancang dan menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Android pada pembelajaran tematik, 2) menguji tingkat kelayakan media dan materi, 3) mengetahui respon penggunaan produk pada peserta didik kelas V MI Mambaul Ma’arif Jombang untuk menguji tingkat kepraktisannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development. Dengan menerapkan model pengembangan Four-D oleh Thiagarajan yang mempunyai empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, catatan lapangan, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) desain pengembangan media pembelajaran berbasis Android mengikuti model pengembangan Four-D untuk dapat menghasilkan produk yang layak, 2) uji kelayakan menghasilkan tingkat kevalidan/kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android oleh ahli media mendapatkan rata-rata total validitas sebanyak 4,194 dalam kategori sangat valid atau sangat layak dan oleh ahli materi mendapatkan rata-rata total validitas sebanyak 4,087 dalam kategori sangat valid atau sangat layak, 3) respon peserta didik setelah menggunakan produk media pembelajaran interaktif berbasis Android menunjukkan persentase sebanyak 71,6% dari seluruh persentase peserta didik yang menjawab “ya” dalam kategori respon yang sangat positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat berjalan dengan lancar saat digunakan oleh peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Siti Alfiatuzalfiatuzzuhriyah1999@gmail.comD97217113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Pengembangan; Multimedia Interaktif; Android; Pembelajaran Tematik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Alfiatuz Zuhriyah
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:13
Last Modified: 12 Aug 2021 23:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49445

Actions (login required)

View Item View Item