Rasm dalam manuskrip muhsaf alquran Raden KH. Sholeh Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Putri Nur Lailatul (2021) Rasm dalam manuskrip muhsaf alquran Raden KH. Sholeh Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Lailatul Fitriyah_E93217086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek manuskrip mushaf Alquran yang tersimpan di rumah KH. Yahya dan telah didokumentasikan oleh bapak Rahmad Dasi seorang kolektor yang berasal dari Paciran Kabupaten Lamongan. Dari penelusuran ini didapatkan sebuah informasi bahwa manuskrip mushaf ini merupakan sebuah peninggalan dari Raden KH. Sholeh seorang juru tulis di Drajat. Permasalahan pada skripsi ini terbatas pada dua hal. Pertama, bagaimana sejarah manuskrip mushaf Alquran Raden KH. Sholeh, kedua bagaimana karakteristik dan rasm pada manuskrip mushaf Alquran Raden KH. Sholeh. Adapun model penelitian yang digunakan pada saat ini adalah model penelitian kualitatif, dimana dalam segi penyajiannya menggunakan analisis deskriptif. Berhubungan dengan fokus penelitian dan data yang berupa manuskrip mushaf, maka pendekatan yang sesuai yaitu pendekatan ulumul quran dengan mengikuti tahap-tahap penelitian filologi. Dalam hal ini penulis merujuk pada buku Filologi Indonesia, Teori dan Metode karya Oman Fathurrahman. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dan akhirnya peneliti memberikan dua kesimpulan yaitu: 1. Berdasarkan pengamatan terhadap usia kertas, dari usai naskah diperkirakan disalin pada abad ke 19 M dengan menggunakan kertas Eropa dan kebijakan pemerintah berupa kewajiban instansi yang menggunakan julukan kertas Propatria. Mushaf ini berdasarkan hasil analisis sejarah, termasuk naskah tunggal. 2. Pada karakteristik mushaf dapat dijadikan bukti mengenai Alquran yang didasarkan pada hafalan. Namun, penulisannya menggunakan fathah miring yang biasa dijumpai pada naskah pada umunya di kawasan Timur Tengah. Ditemukannya kesalahan (corrupt), dan tidak adanya tanda waqaf yang ditemukan di dalam naskah tersebut. Dan penggunaan rasm pada manuskrip mushaf Alquran Raden KH. Sholeh ini mayoritas menggunakan rasm imla’i meskipun juga ada beberapa banyak memakai rasm uthmani. Sehingga terdapat percampuran antara kedua rasm yaitu rasm imla’i dan rasm uthmani. Adakalanya dimana ayat ditulis dengan menggunakan rasm uthmani, ada juga yang ditulis dengan menggunakan rasm imla’i, bahkan ada juga dalam satu ayat menggunakan kedua jenis rasm. Tidak bisa dipungkiri bahwa kaidah-kaidah rasm uthmani diterapkan dalam beberapa kata secara konsisten, seperti yang dijelaskan pada bab sebelumnya pada kata الصلوة, الزكوة, الحيوة, dan التورية. Namun kebanyakan dari penulisannya didasarkan pada pengucapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Putri Nur Lailatullailaputri2599@gmail.comE93217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Filologi
Al Qur'an
Keywords: Rasm; Filologi; Manuskrip Mushaf; Raden KH. Sholeh.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: putri nur lailatul fitriyah
Date Deposited: 12 Aug 2021 22:58
Last Modified: 12 Aug 2021 22:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49451

Actions (login required)

View Item View Item