Keefektifan pembelajaran e-learning berbantuan linktree terhadap hasil belajar ipa materi tata surya kelas VI MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isromia, Sintiya (2021) Keefektifan pembelajaran e-learning berbantuan linktree terhadap hasil belajar ipa materi tata surya kelas VI MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sintiya Isromia_D07217030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Siswa mengeluh kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran yang mengakibatkan ketidakefefktifan proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan guru saat pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19 ini hanya mengandalkan metode yang disediakan oleh sekolah. Sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Pada kondisi pandemi covid-19 ini antusias siwa sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam permasalahan sebagaimana dengan judul Keefektifan pembelajaran E-Learning berbantuan Linktree terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi tata surya siswa kelas VI MIN kota Surabaya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah keefektifan pembelajaran E-Learning berbantuan Linktree terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi tata surya siswa kelas VI MIN kota Surabaya?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI A dan VI B. Adapun tahap teknik analisis data menggunakan Uji T. Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran E-Learning berbantuan Linktree terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI MIN Kota Surabaya. Dengan hasil belajar memperlihatkan bahwa rata-rata hasil belajar pretest siswa kedua kelas tidak berbeda jauh, yakni nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 81.9 dan kelas kontrol 77,57. Sedangkan nilai rata-rata hasil posttest membuktikan bahwa kedua kelas ini mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar, kelas eksperimen 91,47 dan kelas kontrol 82,71. Dari hasil data posttest dengan menggunakan uji-t pada taraf ɑ = 0,05 diperoleh Thitung(4,243)> Ttabel (1,995) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran E-Learning berbantuan Linktree terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI MIN Kota Surabaya.dengan hasil uji t diperoleh Thitung(4,243)> Ttabel (1,995) maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isromia, Sintiyasintiyaisromia.17@gmail.comD07217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com197702202005011003
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com197307222005011005
Subjects: Internet
Keywords: Linktree; Hasil Belajar; Tata Surya.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sintiya Isromia
Date Deposited: 14 Aug 2021 06:28
Last Modified: 14 Aug 2021 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49480

Actions (login required)

View Item View Item