Pergulatan Opu Daeng Risaju melawan penjajahan melalui Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) di Sulawesi Selatan 1930-1950

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Alfian Ashari (2021) Pergulatan Opu Daeng Risaju melawan penjajahan melalui Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) di Sulawesi Selatan 1930-1950. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Ashari Putra_A92217051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah, yang terdiri dari heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sinkronik, dan teori peranan menurut Soerjono Soekanto. Teori peranan adalah pandangan dalam sosiologi dan psikologi sosial yang berpendapat bahwa sebagian besar aktivitas sehari-hari dilakukan oleh kategori yang ditentukan secara sosial. Setiap peran sosial merupakan rangkaian hak, kewajiban, harapan, norma, dan perilaku yang dihadapi serta diwujudkan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Biografi Opu Daeng Risaju dimulai saat beliau lahir di Palopo tahun 1880 dari golongan bangsawan dan wafat 10 Februari 1964. Merupakan perempuan bergelar pahlawan nasional yang memiliki strata seseorang terhormat sehingga diangkat sebagai pemimpin dalam masyarakat atas perjuangannya. (2) Peran Opu Daeng Risaju dalam PSII adalah mempropagandakan cita-cita kemerdekaan NKRI kepada masyarakat melalui ideologi Partai dan sebagai ketua PSII Palopo tahun 1930. Kemudian memprakasai berdirinya PSII Bajo, Belopa, Malangke, Malili, Suli, Patampanua dan daerah lainnya di Sulawesi Selatan. (3) Pergulatan Opu Daeng Risaju dalam memperjuangkan NKRI berlangsung dari 1930-1950 di Sulawesi Selatan, perlawanannya terhadap penjajah sejak bergabungnya ke PSII dengan memobilisasi ke daerah-daerah dan puncaknya melakukan serangan ke markas NICA, atas jasa-jasanya tersebut beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Alfian Asharialfianashariputra@gmail.comA92217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Opu Daeng Risaju; Pergulatan; Penjajahan; Kemerdekaan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alfian Ashari Putra
Date Deposited: 14 Aug 2021 02:46
Last Modified: 14 Aug 2021 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49483

Actions (login required)

View Item View Item