Taqlid Digital pada Era Post Truth dan Implikasinya dalam Bertauhid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fail, Moh. (2021) Taqlid Digital pada Era Post Truth dan Implikasinya dalam Bertauhid. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Fail_F02118035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Taqlid dipahami sebagai dasar hukum dalam Islam. Masyarakat awam yang tidak memiliki pengetahuan dan tidak mampu memahami tentang hukum Islam diperbolehkan bahkan diwajibkan mengikuti pedoman hukum kepada orang ahli hukum dalam Islam (Ulama). Mengikuti perkataan, pendapat dan keyakinannya atau perilaku ibadahnya. Taqlid bisa terjadi karena pertemuan antara orang awam dengan Ulama secara langsung atau penerimaan hukum orang awam dari ahli hukum Islam secara tidak langsung, tetapi melalui orang yang bisa dipercaya kebenarannya. Taqlid digital merupakan redefinisi dari taqlid konvensional dimana orang awam mengambil petunjuk hukum dari ahli hukum Islam secara bertemu langsung (offline) berkembang menjadi pengambilan hukum orang awam dari ahli hukum Islam secara tidak langsung (online ). Terdapat perbedaan metode dan waktu dimana hukum ditransfer dari Ulama langsung kepada orang awam dan transfer hukum dari Ulama kepada orang awam melalui media penghubung. Proses transfer hukum berkembang ketika teknologi digital menawarkan fasilitas komunikasi lebih efektif. Masyarakat awam dengan Ulama bertemu di dunia maya. Mereka bisa berdialog tentang Islam. Ulama memberikan fatwa dan masyarakat awam mengikuti pendapat dan praktek ritualnya. Era post truth memberikan kemudahan memetik hukum Islam melalui teknologi digital. Mulai obrolan biasa, dialog, diskusi, seminar (bahsul masail) sampai kesepakatan bersama (ijma’). Integrasi agama dengan teknologi digital menguatkan keyakinan masyarakat terhadap kebenaran Islam bahwa yang benar bukan hoax dan hoax bukan kebenaran. Taqlid digital meluruskan (cek fakta) tentang Islam, tentang dasar hukum peribadatan dan meluruskan tentang kebenaran masyarakat dalam bertauhid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fail, Moh.sardarfail5@gmail.comF02118035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Filsafat > Filsafat Islam
Teologi
Keywords: Taqlid Digital; Teknologi Digital; Bertauhid.
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Moh Fail
Date Deposited: 14 Aug 2021 06:10
Last Modified: 14 Aug 2021 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49485

Actions (login required)

View Item View Item