Pengembangan media permainan Ludo Trigonometri pada pembelajaran Matematika untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istianah, Umi (2021) Pengembangan media permainan Ludo Trigonometri pada pembelajaran Matematika untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Istianah_D04216035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi menjadi lebih jelas, efektif dan efisien. Media pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini berbasis permainan, permainan yang dimaksud adalah Ludo Trigonometri. Media permainan ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk memudahkan memahami materi dan dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media permainan Ludo Trigonometri pada pembelajaran matematika untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini mengacu pada model Borg and Grall yang terdiri dari 10 tahapan, namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada 5 tahap karena adanya virus covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan tahapan selanjutnya. Lima tahapan dalam penelitian yaitu Identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan perbaikan desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan media, dan teknik kevalidan maupun kepraktisan media dari validator. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan, analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan proses pengembangan media permainan Ludo Trigonometri, 1) identifikasi masalah, peneliti mengetahui masalah dalam pembelajaran matematika terutama pada materi Trigonometri, 2) pengumpulan data, mencari referensi materi Trigonometri yang tepat untuk dijadikan sebagai papan dasar pembuatan media, 3) mendesain papan media permainan Ludo Trigonometri dengan menggunakan aplikasi Corel Draw X-4, 4) validasi yang dilakukan oleh 4 validator, 5) revisi desain dilakukan untuk perbaikan media. Media permainan Ludo Trigonometri dinyatakan “valid” dengan hasil rata-rata kevalidan sebesar 4,12, dan media permainan dinyatakan “praktis” dengan nilai kepraktisan 82,25 niali kategori “B” yang artinya dapat digunakan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istianah, Umiumiistianah71@gmail.comD04216035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan media; permainan Ludo; Minat Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Istianah
Date Deposited: 15 Aug 2021 05:31
Last Modified: 15 Aug 2021 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49486

Actions (login required)

View Item View Item