Pengaruh media Game Online Spongebob terhadap hasil belajar membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas III MI Unggulan Manna Was salwa Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Lailiana (2021) Pengaruh media Game Online Spongebob terhadap hasil belajar membaca Aksara Jawa pada Siswa Kelas III MI Unggulan Manna Was salwa Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailiana Fitria_ D07217012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya media pembelajaran bahasa Jawa materi Aksara jawa. Oleh karena itu peneliti memanfaatkan media game online spongebob dalam pembelajaran bahasa Jawa materi Aksara Jawa di kelas. Dari media tersebut diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar membaca Akasara Jawa pada peserta didik. Tujan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui penggunaan media game online spongebob dalam pembelajaran bahasa Jawa materi Aksara Jawa pada siswa kelas III di MI Unggulan Manna Was Salwa Sidoarjo (2) mengetahui hasil belajar membaca Aksara Jawa menggunakan media game online spongebob pada Siswa kelas III di MI Unggulan Manna Was Salwa Sidoarjo (3) mengetahui pengaruh media game online spongebob terhadap hasil belajar membaca Akasara Jawa pada siswa kelas III MI Unggulan Manna Was Salwa Sidoarjo. Dalam pengumpulan data menggunakan metode tes, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Desain penelitian one group pretest post-test. Teknik analisa data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai uji prasyarat penelitian. Kemudian dilakukan uji normalitas untuk menentukan sebaran data, kemudian uji hipotesis untuk menganalisa dugaan awal penelitian. Uji hipotesis menggunakan Analis uji paired sample t-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media pembelajaran game online spongebob pada materi Aksara Jawa siswa kelas III di MI Unggulan Manna Was Salwa Sidoarjo termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini diketahui dari skor tiap tahapan dalam game online spongebob yang memiliki rata rata presentase peserta didik sebesar 85,71%. 2) Hasil belajar Aksara Jawa menggunakan game online spongebob pada siswa kelas III di MI Unggulan Manna Was Salwa Sidoarjo dapat dikatakan meningkat. Hal ini dibuktikan banyaknya peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM dengan rata rata presentase sebesar 90,47%. 3) Dalam hal ini ada pengaruh penggunaan media pembelajaran game online spongebob terhadap hasil belajar membaca Aksara Jawa siswa III di MI Unggulan Manna Was Salwa Sidoarjo. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan Paired sample t-test yang menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,105 > 0,05, yang mana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya, penggunaan media game online spongebob berpengaruh terhadap hasil belajar membaca Aksara Jawa

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Lailianafitrialailiana9901@gmail.comD07217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Keywords: Pengaruh; Media Game Online Spongebob; Hasil Belajar Membaca.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: lailiana fitria
Date Deposited: 14 Aug 2021 06:01
Last Modified: 14 Aug 2021 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49507

Actions (login required)

View Item View Item