Pendidikan karakter dalam pembelajaran jarak jauh pada Masa Pandemi Covid-19: studi multisitus di Minu Waru II dan SDN Waru I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiya, Husna (2021) Pendidikan karakter dalam pembelajaran jarak jauh pada Masa Pandemi Covid-19: studi multisitus di Minu Waru II dan SDN Waru I Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husna Atiya_F52A19289.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter. Oleh karena itu, pendidikan karakter penting untuk diajarkan kepada peserta didik guna membentuk generasi yang berkarakter. Dengan mewabahnya pandemi covid-19, pembelajaran tatap muka harus diganti dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Begitu pula usaha penanaman karakter terhadap peserta didik, tentu memiliki kerumitan-kerumitannya tersendiri jika sekolah dilaksanakan secara jarak jauh terlebih pada tingkatan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang diimplimentasikan pada pembelajaran jarak jauh, menganalisis implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran jarak jauh, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilakukan di Minu waru II dan SDN Waru I Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter utama yang diimplementasikan di Minu Waru II pada pembelajaran jarak jauh yaitu peduli, jujur dan tanggung jawab. Sedangkan di SDN Waru I, nilai karakter utama yang diajarkan pada pembelajaran jarak jauh yaitu jujur, disiplin dan mandiri. Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran jarak jauh di Minu Waru II dan SDN Waru I sama sama menggunakan model pendekatan kontekstual dan menginternalisasikan nilai karakter pada pembelajaran. Namun, kedua sekolah memiliki strategi yang berbeda. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran jarak jauh. Diantara faktor pendukung di Minu waru II antara lain kolaborasi yang baik dengan orang tua, siswa dan keluarga yang jujur. Sedangkan factor pendukung di SDN Waru I antara lain keluarga yang sadar pendidikan, guru yang aktif dan lingkungan yang positif. Adapun faktor penghambatnya di Minu Waru II yaitu ada beberapa siswa yang memiliki kejujuran rendah, ingin memeroleh sesuatu dengan dengan cara instan. Sedangkan faktor penghambat di SDN Waru I antara lain keterbatasan waktu dalam pembelajaran, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua dan orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiya, Husnahusnaatiya23@gmail.comF52A19289
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; Pembelajaran jarak Jauh; Daring.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Atiya Husna
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:47
Last Modified: 18 Aug 2021 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49508

Actions (login required)

View Item View Item